Pelindo Pastikan Kesiapan Sarana dan Prasarana Terminal Penumpang jelang Mudik Lebaran 2024

Kamis, 21 Maret 2024 - 19:51 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

JAKARTA, lensamadura.com – PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) memastikan kesiapan sarana dan prasarana terminal penumpang dan roro menjelang arus mudik Lebaran 2024.

Tercatat ada 63 terminal penumpang dan roro di seluruh Indonesia yang tersebar di sejumlah regional.

Di antaranya, yaitu Regional 1 tersedia 11 terminal, Regional 2 tersedia 9 terminal, Regional 3 tersedia 21 terminal, dan Regional 4 tersedia 22 terminal.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Pada tahun 2023, Pelindo telah melayani sebanyak 1,9 juta penumpang yang menggunakan moda angkutan laut untuk mudik Lebaran. Pergerakan orang pada mudik Lebaran 2024 diprediksi naik hingga 2,09 juta penumpang mengacu dari realisasi tahun lalu, ” kata Group Head Sekretariat Perusahaan Pelindo Ardhy Wahyu Basuki dalam keterangannya, Kamis, 21 Maret 2024.

Untuk itu, menghadapi mudik Idul Fitri 1445 Hijriah, Pelindo juga memastikan keamanan dan kenyamanan pemudik. Pelindo juga menggandeng pihak TNI-Polri untuk memastikan keamanan di seluruh pelabuhan.

Baca Juga :  Atasi Keterbatasan Fiskal, Menhub Intensifkan PNBP di Sektor Perhubungan Laut

“Menghadapi hal tersebut, manajemen melakukan penyiapan fasilitas, penambahan petugas operasional internal dan pengamanan dari TNI-Polri, peningkatan pemeriksaan barang bawaan penumpang dan sosialisasi semua tarif pelayanan di terminal penumpang kepada publik, yang ditargetkan dapat berjalan dengan lancar, aman, tertib dan selamat,” jelas Ardhy.

Pelindo juga bersinergi dengan stakeholder kepelabuhanan dalam hal Posko Angkutan Lebaran Terpadu 2024.

Pelindo bersama-sama Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP), Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), Kesatuan Pelaksanaan Pengamanan Pelabuhan (KPPP) dan Instansi Pemerintahan di sekitar pelabuhan lainnya.

Semua pihak terkait melakukan pemantauan dan pengendalian arus penumpang, termasuk dalam pemeriksaan persyaratan perjalanan penumpang dan pemberian sarana informasi kepada penumpang.

Baca Juga :  Kemenhub Gelar FGD Pembinaan Penyelam, Legalisasi Sertifikat Penyelam Bidang Salvage dan Pekerjaan Bawah Air

Selain itu, Pelindo juga merenovasi beberapa terminal penumpang seperti Terminal Kijang Tanjungpinang, Palembang, Biak, Bitung, dan Makassar sehingga dapat melayani penumpang dengan lebih baik ditunjang dengan fasilitas yang lebih banyak.

“Fasilitas-fasilitas seperti ruang tunggu penumpang, musala, ruang laktasi, alat pemeriksa suhu tubuh, dan personil keamanan disiapkan untuk menjamin para penumpang tetap aman, sehat dan lancar,” ujar General Manager Tanjungpinang, Darwis.

Selain itu, sejumlah langkah antisipasi disiapkan Pelindo dalam menghadapi prediksi cuaca buruk, seperti di Cabang Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang.

“Kami telah menyediakan 56 pompa dan tersebar mulai dari titik terluar seperti Jalan Yos Sudarso, Pos 1, Jalan Musang, Jalan Asahan, Jalan Ampenan, Terminal Penumpang, Dermaga Samudera, Mesjid Al-Mannar, Jalan Masuk Arteri, Jalan Usman Janatin, Jalan M. Pardi, RTK Timur, Kejaksaan, Ujung Jalan Deli, hingga sepanjang jalan utama Jalan Coaster yang menjadi titik rawan bagi banjir rob,” kata General Manager Tanjung Emas Hardianto.

Baca Juga :  Ketua DPD Kritik Penggunaan Dana Desa untuk Bangun Kantor Desa Seperti Istana

Berkaca dari tahun lalu dalam mendukung kelancaran arus mudik khususnya pada jalur Jawa-Sumatera, Pelindo bersiap akan kembali membuka Pelabuhan Ciwandan, di Cilegon pada H-7 sampai dengan H-1 untuk kendaraan golongan I, II, III (Motor) dan golongan VIB, VII (Truk) untuk melayani rute kapal penyeberangan. Hal ini dilakukan sebagai bagian dari strategi Pemerintah dalam mengurangi kepadatan antrian pada rute penyeberangan Merak–Bakaheuni.

“Sekarang terminal penumpang Pelindo sudah semakin baik. Upaya untuk mewujudkan Mudik Ceria Penuh Makna ini kami lakukan tidak hanya melalui penyediaan fasilitas terminal penumpang yang nyaman, tapi juga pelayanan operasional kepelabuhanan 24/7 yang optimal selama periode mudik,” tandas Ardhy.

Editor : Rifqi

Berita Terkait

Pemerintah Tetapkan 1 Syawal 1445 H Jatuh pada Rabu 10 April 2024
Pelindo Jamin Kepelabuhanan tetap Optimal selama Libur Lebaran 2024
Jelang PON 2024, KONI Jatim Maksimalkan Cabor Bela Diri
Menhub Lepas Keberangkatan Mudik Gratis Kapal Laut
KONI Jatim Undang Tiga Tuan Rumah Persiapan Porprov 2025
KONI Jatim Bakal Gelar Rakerprov Bahas Persiapan PON XXI dan Program Kerja 2024
Pelindo Petikemas Setor Kewajiban ke Negara Rp1,51 triliun, Ini Rinciannya
Pelindo Berbagi Ramadhan 2024, Ada Santunan Anak Yatim hingga Sembako Gratis
Berita ini 8 kali dibaca

Berita Terkait

Selasa, 9 April 2024 - 21:00 WIB

Pemerintah Tetapkan 1 Syawal 1445 H Jatuh pada Rabu 10 April 2024

Senin, 8 April 2024 - 23:29 WIB

Pelindo Jamin Kepelabuhanan tetap Optimal selama Libur Lebaran 2024

Minggu, 7 April 2024 - 18:21 WIB

Jelang PON 2024, KONI Jatim Maksimalkan Cabor Bela Diri

Sabtu, 6 April 2024 - 15:41 WIB

Menhub Lepas Keberangkatan Mudik Gratis Kapal Laut

Jumat, 5 April 2024 - 23:00 WIB

KONI Jatim Undang Tiga Tuan Rumah Persiapan Porprov 2025

Kamis, 4 April 2024 - 19:00 WIB

KONI Jatim Bakal Gelar Rakerprov Bahas Persiapan PON XXI dan Program Kerja 2024

Jumat, 29 Maret 2024 - 21:00 WIB

Pelindo Petikemas Setor Kewajiban ke Negara Rp1,51 triliun, Ini Rinciannya

Senin, 25 Maret 2024 - 23:00 WIB

Pelindo Berbagi Ramadhan 2024, Ada Santunan Anak Yatim hingga Sembako Gratis

Berita Terbaru