Upacara Rakyat, Kades Romben Rana Ajak Masyarakat Cinta Tanah Air

Kepala Desa Romben Rana Wartini F dalam upacara rakyat memperingati HUT ke-77 RI di lapangan sebelah utara gudang MPI, Rabu, 17 Agustus 2022/Foto Lensa Madura dok.

SUMENEP, lensamadura.com – Wartini F Kepala Desa Romben Rana, Kecamatan Dungkek, Kabupaten Sumenep, mengajak masyarakat setempat agar cinta tanah air.

Hal itu disampaikan Wartini F dalam upacara rakyat memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia, bertempat di lapangan sebelah utara gudang Madura Prima Interna (MPI), Rabu, 17 Agustus 2022.

Diketahui, upacara tersebut diikuti 12 kelompok masyarakat. Terdiri dari perangkat desa, BPD, PKK, BNPT, kelompok PKH, nelayan, guru ngaji, tambak dan perikanan, kesehatan, pedagang pasar, pemuda serta kelompok lanjut usia (lansia).

Baca Juga :  Pemuda Sapudi Santuni Anak Yatim

Dalam amanahnya, Wartini F menyampaikan, bahwa semangat nasionalisme bisa dimulai dari skala kecil seperti cinta terhadap desa sendiri.

“Wujud cinta tanah air atau nasionalisme skala kecil harus dimulai dari lingkungan tempat tinggal termasuk menjaga keharmonisan dan kemajuan desa,” katanya.

Baca Juga :  Bupati Pamekasan: Lembaga Pendidikan Lahan Pengabdian

Oleh karena itu, dirinya mengajak masyarakat setempat agar bahu membahu dan gotong rotong untuk memajukan pembangunan desa.

Dalam kesempatan itu juga, ia mengajak masyarakat untuk selalu mengingat sejarah perjuangan para pahlawan.

“Melalui upacara rakyat ini, kita berkesempatan mengucapkan terima kasih kepada para pejuang. Jangan sampai kita mengecewakan mereka, menyia-nyiakan perjuangan mereka. Mari kita sama-sama berikrar siapapun yang mencoba merusak negara Indonesia, mereka adalah musuh kita,” ungkap alumnus Ponpes Mathaliul Anwar ini.

Baca Juga :  LSI: Airlangga Unggul di Pilpres 2024

Pemahaman sejarah para pahlawan, kata dia, harus senantiasa ditanam dan diketuktularkan kepada generasi selanjutnya.

“Utamanya kepada anak-anak muda yang masih mengeyam pendidikan. Mereka adalah penerus bangsa di masa yang akan datang,” tegasnya. (rif/red)

Dapatkan Berita Terupdate dari Lensa Madura di: