Peringati HUT ke-77 RI, Pemdes Romben Rana Gelar Upacara Rakyat

Kepala Desa Romben Rana Wartini F dalam Upacara Rakyat bersama masyakat setempat/Foto: Lensa Madura dok.

SUMENEP, lensamadura.com – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia, Pemdes Romben Rana, Kecamatan Dungkek, Kabupaten Sumenep gelar upacara rakyat, Rabu, 17 Agustus 2022.

Upacara tersebut berlangsung di lapangan sebelah utara gudang Madura Prima Interna (MPI) dan diikuti oleh 12 kelompok masyarakat.

Terdiri dari perangkat desa dan BPD, PKK, kelompok PKH, BPNT, nelayan, tambak atau perikanan, guru ngaji, kesehatan, pedagang pasar, pemuda serta kelompok lanjut usia (lansia).

Baca Juga :  Resmi Dilantik, Ini Program Unggulan Atnawi Kades Badur

Dalam upacara tersebut, Kepala Desa Romben Rana Wartini F menyampaikan semangat nasionalisme. Peringatan kemerdekaan, kata dia, harus dijadikan momentum untuk mengingat sejarah perjuangan para pahlawan.

“Kita adalah orang Indonesia, kita adalah pewaris sah negera ini, kita juga adalah pewaris sah bangsa ini. Jika kalian semua merasa cinta Indonesia, jika kalian merasa bahwa kibaran sang saka merah putih adalah sebuah kerhormatan dan wibawa bangsa maka ikuti kata-kata saya. Merdeka, merdeka, merdeka,” katanya saat memberikan amanah, dikutip Sinergi Madura.

Baca Juga :  Lima Komisioner KPU Sumenep Diisi Wajah Baru, Ini Daftar Namanya

Wartini F juga menyampaikan agar masyarakat tidak lupa akan sejarah. Indonesia sebagai negara yang berdaulat, nasionalisme harus dijadikan pijakan hidup sehari-hari.

Selain itu, dirinya mengingatkan agar pemahaman sejarah tetap diketuktularkan kepada generasi bangsa.

Baca Juga :  Lagi, Warga Desa Banuaju Barat Terima BLT-DD

“Terlebih kepada anak-anak muda sebagai penerus di masa depan,” kata alumnus Ponpes Mathaliul Anwar itu.

Terakhir, ia mengajak masyarakat setempat untuk saling gotong-royong demi kemajuan pembangunan desa.

“Wujud cinta tanah air atau nasionalisme skala kecil harus dimulai dari lingkungan tempat tinggal termasuk menjaga keharmonisan dan kemajuan desa,” tegasnya. (rif/red)

Dapatkan Berita Terupdate dari Lensa Madura di: