Sejarah PayPal Lengkap

Sejarah PayPal
Foto: Sejarah PayPal/lensamadura.com

Anda sedang mencari tau sejarah PayPal? Kami akan membahasnya secara rinci melalui artikel ini. Namun, sebelum dibahas mungkin masih banyak dari kalian yang belum tau apa itu PayPal? PayPal merupakan perusahaan dalam jaringan yang menyediakan jasa transfer uang melalui surat elektronik.

Secara sederhana, PayPal adalah alat pembayaran (rekening bank) yang bisa digunakan untuk melakukan bermacam transaksi jualbeli online yang menggunakan metode pembayaran PayPal.

PayPal bisa digunakan untuk pembayaran lintas negara. Misal kita ingin membeli barang di amazon.com ataupun ebay.com, maka kita tidak bisa membayar barang yang kita beli melalui transfer menggunakan rekening bank lokal.

Baca Juga :  Cara Ubah Nadang Dering WA Dengan Nama

Namun, pembayaran hanya bisa dilakukan dengan menggunakan credit card dan juga pembayaran virtual seperti Paypal. Anda juga bisa mengirim uang kepada sesama pengguna PayPal melalui email yang terdaftar.

Sejarah Paypal

 

Sejarah PayPal dimulai dari University Avenue, Palo Alto, California, Amerika Serikat, pada akhir tahun 1998. Di mana Peter Thiel dan Max Levchin mendirikan perusahaan bernama Confinity.

Confinity sendiri menjadi perantara pembayaran Palm Pilot dan penyedia layanan kriptografi. Kemudian pada Maret 1999, Elon Musk mendirikan x.comĀ  sebagai penyedia jasa perencanaan keuangan.

Tak berselang lama. akhirnya Confinity dan x.com bergabung menjadi PayPal Corporation tepat pada tahun 2000.

Baca Juga :  Mengenal SEO Jadul dan SEO Modern, Lebih Bagus Mana?

Potensi PayPal yang menjanjkan, membuat eBay terpikat. Sehingga pada tahun 1999 eBay mengakuisisi Billpoint sebagai perantara pembayaran. Pada tahun 2002, eBay mengakuisisi PayPal dengan nilai 1,5 miliar dolar Amerika. Sejak saat itu PayPal terkenal menjadi sarana pembayaran eBay.

Sehingga, eBay belakangan menghapus layanan pembayaran melalui Billpoint untuk meningkatkan potensi PayPal

PayPal mulai menjatuhkan kompetitor-kompetitornya, seperti Citibank C2IT ditutup pada 2003. Diikuti Yahoo! PayDirect yang ditutup pada tahun 2004. Pada tahun 2005, BidPay milik Western Union pun ditutup.

Baca Juga :  Ini Dia Cara Mengganti Kode Akses BCA Mobile Jika Lupa Nomor Kartu ATM

Adapun Total transaksi yang telah dilakukan pada 2006 mencapai 8 miliar dolar Amerika dan meningkat 41 persen dari tahun ke tahun.

Kantor Perusahaan PayPal

 

Saat ini kantor utama perusahaan PayPal berada di San Jose, California, Amerika Serikat. PayPal didirikan oleh Peter Thiel dan Max Levchin, Lukas Nosek, Ken Howery, Yu Pan. Aktif di sektor perbankan dan beroperasi di wilayah Internasional. Situs web www.paypal.com.

Nah, itulah pembahasan mengenai sejarah PayPal. Jika Anda ingin memiliki rekening PayPal, bisa baca artikel cara daftar PayPal, lengkapnya di sini. (**)

Dapatkan Berita Terupdate dari Lensa Madura di: