Prosesi Hari Jadi ke-753 Sumenep, Begini Kemeriahannya

SUMENEP, lensamadura.com – Rentetan Hari Jadi ke-753 Kabupaten Sumenep diwarnai dengan sejumlah event, festival, dan kegiatan pameran. Terbaru, digelar prosesi Hari Jadi Sumenep atau lumrah dikenal dengan sebutan prosesi Arya Wiraraja.

Prosesi Hari Jadi ke-753 Sumenep berlangsung di gerbang timur Taman Bunga Sumenep, Sabtu, 29 Oktober 2022.

Prosesi Hari Jadi Sumenep kali ini juga menampilkan pawai budaya, musik tong-tong. Masyarakat tampak antusias menyaksikan pawai tersebut.

Baca Juga :  Kenang Kiai Homaidy Ch, Buku TU(M)BUH: Lelaki Hutan, Cermin Tua dan Mantra Bumi Resmi Diluncurkan

Proses Hari Jadi Sumenep kali ini disiarkan langsung melalui YouTube Kominfo Sumenep.

Di awal siaran, tampak sejumlah pejabat pemerintah berjalan beringin sambil mengulurkan tangan membagikan santunan kepada anak yatim. Dimana penerima santunan tersebut berjumlah 753 anak yatim.

Tampak juga Bupati Sumenep Achmad Fauzi didampingi sang istri Nia Kurnia, juga Wakil Bupati Sumenep Ny. Hj. Dewi Khalifah ikutserta menyerahkan santunan disertai senyum terhadap anak-anak yatim yang berbaris rapi di bahu jalan.

Baca Juga :  Resmi Dilantik, Ini Program Unggulan Atnawi Kades Badur

“Tujuannya untuk keselamatan Sumenep ke depan, juga untuk kesejahteraan masyarakat Sumenep,” kata Achmad Fauzi sesaat setelah usai menyerahkan santunan.

Beberapa saat kemudian, memasuki acara inti yaitu prosesi Arya Wiraja. Dimana panggung dikemas dengan nuansa khas kerajaan atau keraton.

Baca Juga :  Gelar Upacara Kemerdekaan Ke 77, Berikut Agenda yang berlangsung

“Di tengah-tengah mereka juga hadir pembesar kerajaan Singosari, utusan prabu Kertanegara yang diberi mandat untuk melantik Arya Wiraraja sebagai Adipati Sumenep yang pertama,” sebuah suara mengiringi prosesi tersebut.

Momentum bahagia bertajuk Harmoni Bumi Sumekar itu bisa disaksikan langsung melalui YouTube Kominfo Sumenep.

Itulah sekilas kemeriahan prosesi Hari Jadi ke-753 Sumenep. Sakral dan meriah. (red)

Dapatkan Berita Terupdate dari Lensa Madura di: