Polres dan Dishub Sumenep mulai Periksa Kelayakan Armada Bus Lebaran Idulfitri 2023

Polres dan Dinas Perhubungan Sumenep melakukan pemeriksaan kelayakan armada bus untuk mudik Lebaran 2023 di Terminal Arya Wiraraja Sumenep (lensamadura.com/istimewa)

SUMENEP, lensamadura.com – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Kepolisian Resor (Polres) Sumenep bersama Dinas Perhubungan setempat mulai melakukan pemeriksaan terhadap kelayakan armada bus yang akan beroperasi pada mudik lebaran Idulfitri 1444 Hijriah.

“Selain mengecek kelayakan kendaraan, kami juga melakukan pemeriksaan kesehatan pada sopir dan kru bus, seperti kernet dan kondektur, bebas dari narkoba,” kata Kasat Lantas Polres Sumenep AKP Alimuddin Nasution dilansir dari Antara, Senin, 10 April 2023.

Alimuddin menjelaskan, pengecekan kelayakan kendaraan meliputi lampu, wiper, kondisi ban, mesin, maupun surat-surat kendaraan, termasuk surat izin mengemudi sopir bus.

Baca Juga :  Blangko Pembuatan KTP Elektronik di Sumenep Terbatas, Imbas Pasokan Dari Pusat Lamban

“Ini memastikan agar kondisi armada bus untuk mengangkut pemudik benar-benar dalam kondisi layak pakai dan layak jalan,” jelasnya.

Pengecekan armada bus oleh dua institusi ini berlangsung di Terminal Bus Arya Wiraraja, dan dilakukan selama dua hari berturut-turut, 8-9 April 2023.

Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Tipe A Arya Wiraraja Sumenep Handoko Imam Hanafi mengatakan, sebanyak 300 armada bus siap melayani angkutan mudik lebaran pada musim mudik dan balik lebaran mendatang.

Baca Juga :  Bawaslu Jatim Koordinasi Dengan DPRD Untuk Tingkatkan Indeks Demokrasi

Dari total 300 armada bus itu, sebanyak 200 armada bus di antaranya merupakan bus angkutan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP), sedangkan 100 armada sisanya merupakan angkutan Antar Kota Antar Provinsi (AKAP).

“Bisanya, jumlah armada bus yang dioperasikan untuk AKDP sebanyak 100 armada dan AKAP sebanyak 50 armada bus,” ujarnya.

Menurut Handoko, penambahan armada bus untuk angkutan Lebaran pada Idul Fitri 1444 Hijriah kali ini untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan jumlah penumpang.

Baca Juga :  Pantau Restrukturisasi Kredit UMKM, Ketua DPD RI datangi OJK Jatim

“Sebab, berdasarkan perkiraan, di momen mudik Lebaran kali ini, penumpang diperkirakan naik secara signifikan, baik penumpang yang berangkat dari terminal Arya Wiraraja Sumenep ini, maupun yang turun dari di terminal Sumenep kali ini,” katanya.

Berdasarkan perkiraan, lonjakan penumpang diperkirakan akan meningkat mulai H-7 hingga H-1 lebaran sebagaimana yang terjadi pada tahun-tahun sebelumnya. (ant/red)

Dapatkan Berita Terupdate dari Lensa Madura di: