Jelang Pemilu 2024, Bakesbangpol Sumenep Gelar Sosialisasi Etika dan Politik

SUMENEP, Lensa Madura – Menjelang tahun politik 2024, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Sumenep menggelar sosialisasi pemahaman etika dan politik kepada masyarakat Bluto, Kabupaten Sumenep.

Kegiatan itu mengangkat tema “Meningkatkan Koordinasi dan Pemantapan Kerjasama Antar Masyarakat dan Unsur Pemerintahan Kabupaten Sumenep dalam Rangka Pemahaman Etika dan Budaya Politik”. Bertempat di Pendopo Kecamatan Bluto Kabupaten Sumenep, Selasa, 29 Maret 2022.

Kegiatan tersebut dihadiri Kepala Bakesbangpol Kabupaten Sumenep, jajaran Forkopimka Bluto, dan para kepala desa se-Kecamatan Bluto.K

Baca Juga :  Ribuan Data Penerima BST Covid-19 Pulau Sapudi Dicoret

Kepala Bakesbangpol Sumenep Purwo Edi Prawito menuturkan, semua elemen masyarakat penting untuk meningkatkan rasa nasionalisme dan patriotisme kepada negara dan bangsa Indonesia.

“Saya harap kepada yang hadir disini untuk mensosialisasikan kepada masyarakat lainnya untuk lebih meningkatkan rasa cinta tanah air, seperti pengibaran bendera merah putih, memahami nilai-nilai Pancasila, cinta NKRI, toleransi dan menghindari pemahaman radikal,” katanya.

Baca Juga :  Kapolres Pamekasan Dapat Penghargaan Pimpinan Institusi Peduli Kebebasan Pers

Sementara itu, Camat Bulto Ir Bambang Karyanto, M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa perlunya etika politik yang berbudaya untuk menghadapi pemilu tahun 2024.

“Masyarakat nantinya harus diberikan pemahaman tentang etika dan budaya politik guna menghadapi pemilu 2024 nanti, serta saling menghargai dan menghormati perpolitikan sehingga kedepannya bisa mendinginkan suasana pelaksanaan pemilu dan dapat berjalan dengan baik,” ungkap Camat Bluto.

Lebih lanjut, Kapolsek Bluto AKP H. Suhaeri menyampaikan, masyarakat hendaknya tetap mematuhi hukum yang berlaku.

Baca Juga :  Cawabup Sumenep, Nyai Eva: Membangun Sumenep Perlu Semangat Gotong Royong

“Jika ada permasalahan tindak pidana segera melapor ke kantor Polsek Bluto,” kata AKP. H. Suhaeri.

Sementara Komandan Rayon Militer 0827/04 Bluto, Kapten Inf Handi Tri Pranowo mengajak agar semua masyarakat tetap menjaga keutuhan wilayah NKRI, sportifitas, dan sinergitas antar sesama.

“Mari tetap jaga, agar bangsa dan negara Indonesia tetap aman,” katanya. (Pur)

Dapatkan Berita Terupdate dari Lensa Madura di: