Dua Politisi Muda asal Ponpes Al-Qodiri Jember Masuk dalam Bursa Cawagub Jatim Versi ARCI

SURABAYA, lensamadura.com – Accurate Research And Consulting Indonesia (ARCI) kembali merilis hasil survei terbarunya. Survei tersebut memotret beberapa aspek mulai dari elektabilitas Partai Politik di Jawa Timur, Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden, Calon Gubernur dan Calon Gubernur Jawa Timur hingga tokoh potensial sebagai caleg DPR RI Dapil Jawa Timur. Kamis, (12/05/2022).

Baihaki Sirajt, Direktur Eksekutif ARCI mengungkapkan pihaknya melakukan survei selama 11 – 25 April 2022. Survei dilakukan ARCI dilakukan di 38 kabupaten/kota Jatim dengan memakai multistage random sampling. Ada 1.200 responden yang berpartisipasi, dengan margin of error sebesar 3 persen, dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Dalam bursa calon Wakil Gubernur (Cagub) Jawa Timur, ada dua politisi muda yang merupakan keluarga besar Ponpes Al-Qodiri Jember, Jawa Timur juga masuk dalam bursa cawagub. ” Iya benar Gus Mufa dan Lora Fadil muncul di bursa cawagab,” terang Baihaki saat dikonfirmasi. Jumat, (13/05/2022).

Baca Juga :  Puti Guntur Apresiasi Karya Pelaku Ekonomi Kreatif di Kota Pahlawan

Munculnya Muhammad Fawaid (Gus Mufa) dan Ach. Fadil Muzakki (Lora) Fadil menurut Baihaki tidak lepas dari kiprah dua tokoh tersebut selama ini. ” Beliau berdua kan sama-sama politisi, anggota DPR juga, jadi wajar ketika masyarakat mulai meradar beliau sabagai figur yang dianggap layak sebagai maju dalam bursa Calon Wakil Gubernur,” paparnya.

Adapun rincian hasil survei dalam bursa Cawagub kata Baihaki, saat responden pertanyaan, Apabila Nama-nama ini sebagai calon Wakil Gubernur siapa yang anda pilih ? :, jawabannya, Muhammad Fawaid 17,2 %, Thoriqul Haq 10,6%, Azwar Anas 10,3 %,Anik Maslachah 9,5 %, Puti Guntur Soekarno 8,7 %, Ach. Fadil Muzakki 8,3 %, Irsyad Yusuf 6,9 %, M. Albarra 5,3 %, Baddrut Tamam 5,2 %, Abdullah Abu Bakar 4,7 %, dan Tidak Jawab/Tidak Tau 13,3 % .

Baca Juga :  Bupati Sumenep Pastikan Penyaluran Pupuk Tahap Pertama, Bantu Petani di Kecamatan Lenteng

Selain itu, pihaknya juga mengukur elektabilitas dari Partai Politik di Jawa Timur. ” Untuk Partai Politik PKB masih nomor satu di Jatim,” tandas Baihaki.

Hal itu, kata Baihaki, bisa dilihat dari hasil survei elektabilitas parpol di Jatim dengan rincian : 1. PKB 19,9%, 2. PDIP 16,2%, 3. Gerindra 14,9%, 4. Golkar 10,1%, 5. Demokrat 7,6 %, 6. NasDem 6,9%, 7. PPP 5,5%, 8. PAN 3,2%, 9. PKS 2,7%, 10. Perindo 1,9%, 11. Hanura 1,4%, 12. PSI 0,5%, 13. Berkarya 0,25%, 14. Tidak diketahui 8,95%.

Baca Juga :  Jaminan Hilang dan Ada Dugaan Pungli di Internal BRI Pamekasan, Aktivis Anti Korupsi Bakal Lapor Polda Jatim

Sekedar diketahui, Ach. Fadil Muzakki saat ini menjabat sebagai Anggota DPR RI dari Fraksi NasDem, selain itu politisi muda yang akrab disapa Lora Fadil ini juga menjabat sebagai Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur.

Sedang Muhammad Fawaid, saat ini menjabat sebagai Ketua Fraksi Gerindra DPRD Jawa Timur. Di Partai politisi yang akrab disapa Gus Mufa ini sebagai Bendahara DPD Partai Gerindra Jawa Timur, selain itu, ia juga menjadi Presiden Laskar Sholawat Nusantara (LSN). (Had).

Dapatkan Berita Terupdate dari Lensa Madura di: