Doa Untuk Indonesia, Pemuda Ansor Gayam Gelar Istigasah Kebangsaan HUT ke-77 RI

SUMENEP, lensamadura.com – Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kecamatan Gayam gelar istigasah kebangsaan dalam rangka memperingati HUT ke-77 Republik Indonesia. Bertempat di Pendopo Kecamatan Gayam, Kabupaten Sumenep, Rabu, 17 Agustus 2022.

Dalam pelaksanannya, turut hadir ketua Tanfidziyah dan Rois Syuriah MWC NU Kecamatan Gayam, juga Forkopimka Kecamatan Gayam berada di tempat yang sama dan ikut andil dalam mensukseskan acara.

Ketua PAC GP Ansor Gayam Ach Zaini dalam sambutannya mengatakan, bahwa istigasah kebangsaan adalah bagian dari mengenang jasa pahlawan.

“Istigasah ini adalah bagian dari kita untuk mendoakan para pahlawan, juga doa untuk bangsa Ini agar kembali pulih dan bangkit,” kata Ach Zaini.

Baca Juga :  Dinas Pendidikan Bangkalan Bakal Gelar Expo Pendidikan

Pria yang akrab disapa Zein ini melanjutkan, tiga tahun bangsa sedang sakit karena pandemi. Sehingga beberapa sektor dalam aspek kehidupan mengalami kelumpuhan.

“Perputaran ekonomi dalam masyarakat tidak stabil, berdampak juga dengan kebiasaan masyarakat dalam ranah sosial dan budaya. Seakan-akan dalam tiga tahun terakhir ini pandemi menekan peradaban baru dalam kultur sosial masyarakat,” tambah Zaein.

Zein juga merasa sangat prihatin dengan penyakit hewan yang belakangan ini marak di tengah masyarakat. Penyakit Mulut Kaki (PMK) dikenal Ganas membuat hewan sapi sakit bahkan sampai meninggal.

Baca Juga :  Disdukcapil Sumenep Terapkan Program SP4N-LAPOR

“Ini seharusnya cepat ditangani oleh pemerintah setempat, biar tidak berkelanjutan seperti pandemi. Karena pendapatan masyarakat Sapudi itu rata rata dari ternak sapi,” pungkasnya.

Di tempat yang sama, Ketua Rois Syuriah MWC NU Gayam KH. Ali Murtadha dalam ceramahnya berharap, bangsa ini cepat kembali pulih. Menurutnya, dengan digelarnya istigasah kebangsaan tepat pada hari kemerdekaan menjadi momentum sangat sagus.

“Ini momentum yang sangat baik. Di samping kita mengenang para pahlawan dan mendoakan jasa jasanya malam ini. Istigasah ini juga di khususkan untuk bangsa ini supaya cepat sembuh,” ceramahnya.

Baca Juga :  Bupati Sumenep Pastikan Penyaluran Pupuk Tahap Pertama, Bantu Petani di Kecamatan Lenteng

Sebelum berdoa, KH. Ali Murtadha berpesan agar para jemaah istigasah benar-benar khusyuk bermunajat kepada Allah SWT.

“Pandemi dalam beberapa tahun terakhir membuat bangsa ini lumpuh. Segala aspek kehidupan tidak stabil. Mudah-mudahan dengan doa malam ini bangsa ini kembali sembuh dan bangkit,” pungkasnya diringi Amin oleh jemaah.

Sekadar Informasi, selain diikuti oleh mayoritas Banom Nahdlatul Ulama seperti Muslimat NU dan Fatayat NU, PAC GP Ansor Gayam, kegiatan jemaah istigasah kebangsaan ini juga melibatkan pemuda se-Kecamatan Gayam dan masyarakat umum. (Udi)

Dapatkan Berita Terupdate dari Lensa Madura di: