Wajib Tahu, Alasan Memilih Jurusan Teknik Sipil

Ilustrasi alasan memilih jurusan teknik sipil (lensamadura.com/istimewa)

Alasan memilih jurusan teknik sipil – Apakah kamu termasuk orang yang mengira jurusan teknik sipil pasti akan menjadi pegawai negeri sipil? Jika iya, maka kamu salah besar. Jurusan teknik sipil sebenarnya adalah jurusan yang bisa segalanya. Banyak orang mengaku alasan memilih jurusan teknik sipil adalah karena bidang keilmuannya yang sangat luas.

Di jurusan teknik sipil, kamu akan diajarkan segala sesuatu yang berhubungan dengan kebutuhan masyarakat sipil. Teknik sipil sendiri merupakan ilmu yang mempelajari tentang metodologi bangunan sipil mulai dari segi perencanaan sampai pelaksanaannya.

Jurusan teknik sipil memang berbeda daripada jurusan yang lainya. Namun, ketika kamu sudah menjadi lulusan dari jurusan teknik sipil, maka banyak pekerjaan yang sudah menantimu. Jika kamu masih ragu, simak 10 alasan memilih jurusan teknik sipil berikut ini untuk kamu yang masih bingung ingin masuk kuliah apa.

Baca Juga :  Tips Memilih Universitas atau Kampus setelah Lulus SMA dan SMK

1. Ketika kamu lulus dari jurusan teknik sipil, maka kamu akan memiliki kemampuan berpikir problem solve yang baik. Dengan begitu akan membuatmu terbiasa menyikapi suatu hal dengan simpel dan tidak bertele-tele.

2. Peluang untuk kerja juga sangat luas. Hal ini dikarenakan Indonesia merupakan negara yang masih berkembang dari segi ekonomi maupun infrastrukturnya. Dan disinilah seorang sarjana lulusan teknik sipil diperlukan, karena untuk membantu mengembangkan pembangunan.

3. Selain membantu pengembangan pembangunan negara, sarjana teknik sipil juga sangat dibutuhkan perusahaan. Hal ini dikarenakan terdapat divisi pengembangan bangunan di setiap perusahaan, jadi kamu yang lulus dari jurusan teknik sipil berpeluang besar untuk masuk di sebuah perusahaan.

4. Bagi kamu yang berjiwa wirausaha dan masuk ke jurusan teknik sipil, maka akan banyak peluang kamu menjadi seorang pengusaha. kamu bisa menjadi kontraktor, jasa konsultan bangunan atau menjadi developer.

Baca Juga :  Ini Dia 5 Cara Interview yang Baik Agar Diterima Kerja di Perusahaan Idaman

5. kamu akan mempunyai kemampuan untuk merekayasa sebuah bangunan atau maket bangunan. Dan jika kamu bekerja secara freelance untuk pembuatan sebuah maket, maka gaji yang kamu terima pun juga tidak akan sedikit. Karena biasanya merekayasa suatu bangunan akan mendapatkan biaya yang cukup tinggi.

6. Belajar teknik sipil itu seru. Khususnya bagi kamu yang suka dengan hitung menghitung dan menggambar, maka jurusan ini akan sangat cocok untukmu. kamu akan diajari untuk mengenal lebih dekat tentang seluk beluk bangunan seperti infrastruktur, air, tanah dan lain sebagainya.

7. Mahasiswa jurusan teknik sipil memiliki nilai plus. Yaitu mereka bisa menghasilkan karya yang bisa digunakan oleh masyarakat. Dengan begitu pasti akan memiliki kebanggaan tersendiri karena dapat memberikan karya yang bermanfaat.

Baca Juga :  Penutupan MPLS ; SMP At-Ta’awun Tanamkan Kepedulian Lingkungan

8. Memiliki banyak relasi. Hal ini dikarenakan kuliah pada jurusan teknik sipil sering ditugaskan untuk membuat rekayasa bangunan secara kelompok. Dengan begitu maka kamu akan mengenal mahasiswa yang lain sehingga membuatmu memiliki banyak relasi.

9. kamu bisa membuat rekayasa bangunan impianmu atau seperti yang kamu inginkan. Dengan begitu akan mempermudah dirimu untuk mewujudkan bangunan yang kamu inginkan.

10. Kesempatan untuk bekerja di kontraktor BUMN, PNS di departemen pekerjaan umum sangat besar.

Demikian ulasan tentang alasan memilih jurusan teknik sipil yang bisa kamu jadikan pertimbangan. Apapun jurusan yang nantinya dipilih, pastikan kamu menikmati proses belajarmu di perguruan tinggi. Semoga. (k/red)

Dapatkan Berita Terupdate dari Lensa Madura di: