UPP Telaga Biru Rawat Fasilitas Pelabuhan Batu Kerbuy Pamekasan

Kegiatan bersih-bersih di pelabuhan Desa Batu Kerbuy, Kecamatan Pasean, Pamekasan beberapa waktu lalu. (Foto/Dok. UPP Telaga Biru For Lensamadura.com)

Pamekasan, Lensamadura.com – Keberadaan pelabuhan pengumpan regional di Desa Batu Kerbuy, Kecamatan Pasean, Pamekasan memberi kemudahan transportasi laut.

Kepala Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas III Telaga Biru Bangkalan Anang Santosa menjelaskan, pelabuhan di Pantura Pamekasan ini berada di wilayah kerja UPP Telaga Biru.

Anang-panggilan akrab-Anang Santosa menjelaskan, pada tahun 2021 ini, telah melaksanakan perawatan gedung dan kantin. Juga dermaga pelabuhan Batu Kerbuy.

Baca Juga :  KH. Moh. Zuhri Zaini Pengasuh PP. Nurul-Jadid Paiton Probolinggo Mengunjungi Pulau Sapudi Sumenep

Usulan perbaikan fasilitas tahun anggaran 2022, lanjut mantan Kepala UPP Kelas III Sapeken ini, pihaknya mengajukan perbaikan atap bangunan gedung kantor.

Lalu terminal penumpang serta rabat beton. Usulan itu dilayangkan ke Kementerian Perhubungan melalui Dirjen Hubla.

“Pelabuhan Batu Kerbuy merupakan pelabuhan umum. Siapapun boleh menggunakan asal sesuai ketentuan,” jelas Anang melalui keterangan tertulisnya. Rabu, 25 Agustus 2021.

Baca Juga :  DKPP Sumenep Giat Lakukan Pengembangan Tanamam Bawang Merah Varietas Rubaru

Pelabuhan Batu Kerbuy juga memberikan kontribusi ke Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP). Perusahaan pelayaran, kata Anang, langsung setor ke kas negara.

Anang menceritakan, beberapa waktu lalu Komite Nasional (Komnas) Perlindungan Konsumen dan Pelaku Usaha Indonesia (PKPU) Pamekasan menyurati instansinya.

Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang dipimpin Zainal Fatah itu bermaksud audiensi ke UPP Telaga Biru.

Tujuannya, untuk menanyakan pihak UPP Telaga Biru terkait rencana pembenahan fasilitas yang mulai rusak di pelabuhan nasional Batu Kerbuy itu.

Baca Juga :  Kodim 0826 Pamekasan Perbaiki Musalla dan Rutilahu Dalam Rangka Program Karya Bhakti TNI Satkowil semester I TA 2021

Namun, terang Anang Santosa, pada intinya, di surat itu dijelaskan beberapa hal. Terutama menjawab maksud dan tujuan audiensi itu.

“Kami sampaikan ke pihak Komnas PKPU Pamekasan, karena kondisi pandemi, untuk sementara audiensi belum bisa dilaksanakan,” terang Anang.

Tetapi melalui surat balasan tersebut dijelaskan, sebagian fasilitas sudah dalam perawatan. Termasuk yang mengalami kerusakan diusulkan perbaikan. (Yan)

Dapatkan Berita Terupdate dari Lensa Madura di: