QRT KPLP Kantor UPP Kelas III Sapeken Bersama Stakeholder berhasil Evakuasi 434 Penumpang KM Sabuk Nusantara 91

SUMENEP, Lensa Madura – KM Sabuk Nusantara 91 yang bertolak dari Pelabuhan Sapeken mengalami accident Kandas di sekitar Pulau Salarangan Sapeken sekitar 5 NM dari Pelabuhan Sapeken Sumenep, Kamis 5 Mei 2022 Pukul 13.00 Wib.

Edi Kuswanto selaku Kepala Syahbandar Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas III Sapeken setelah berkoordinasi dengan Nakhoda KM Sabuk Nusantara 91 Capt Kuseno untuk melakukan upaya olah gerak untuk lepas kandas dan ternyata tidak berhasil.

Baca Juga :  Wabup Nyai Eva Apresiasi Kegiatan Pengabdian HIMPASS di Pagerungan Kecil Sapeken

Karena kondisi air mulai surut, maka untuk menghindari kepanikan penumpang, Edi memerintahkan kepada Quick Response Team Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (QRT KPLP) UPP Sapeken untuk evakuasi penumpang.

“Accident ini karena nakhoda terlalu ke kiri dalam mengambil haluan kapal.
Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, semua penumpang berhasil dievakuasi menuju pelabuhan Sapeken dengan menggunakan 1 Kapal Patroli KPLP dan sekitar 10 Kapal Layar Motor dari Masyarakat Maritim Sapeken,” terang Edi dalam keterangan tertulisnya Kamis malam kepada Lensamadura.com.

Baca Juga :  Dokter Spesialis Rehabilitasi Medik RSUD Sumenep Bagikan Tips Atasi Plantar Fasciitis

Kepada awak media dan masyarakat, Edi memohon doa agar KM Sabuk Nusantara 91 besok siang atau Jumat bisa segera lepas kandas karena posisi air pasang tertinggi.

Pada kesempatan itu juga Edi menyampaikan sesuai dengan arahan Plt Dirjen Perhubungan Laut Capt Mugen S Sartoto bahwa KM Sabuk Nusantara 115 yang sedang di Surabaya segera diberangkatkan menuju Pelabuhan Sapeken untuk melayani arus balik penumpang.

Baca Juga :  Ketua DPD ingin Lumbung Pangan Jatim Digelar Sepanjang Tahun di Setiap Daerah

Mewakili Plt Direktur Jenderal Perhubungan Laut Edi menyampaikan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada masyarakat maritim Sapeken dan instansi terkait yang telah bekerja sama dalam proses evakuasi penumpang.

Joni Junaidi selaku Kepala Desa Sapeken mengapresiasi langkah cepat KPLP UPP Sapeken dalam penyelamatan penumpang dan berharap ada kapal pengganti untuk melanjutkan perjalanan Masyarakat Sapeken ke Pelabuhan Kalianget. (Yan)

Dapatkan Berita Terupdate dari Lensa Madura di: