Prajurit Kodim 0829/Bangkalan Dapat Penyuluhan Hukum Dari Kumdam V/Brawijaya, Ini Materinya

Bangkalan, LensaMadura.Com-Dalam rangka meningkatkan kesadaran hukum bagi prajurit jajaran Kodam V/Brawijaya Kumdam V/Brawijaya melaksanakan penyuluhan hukum bagi prajurit, Ibu Persit dan PNS  Kodim 0829/Bangkalan yang dilaksanakan di Aula Kodim 0829/Bangkalan, Jumat 29 Oktober 2021.

Dalam sambutannya Komandan Kodim (Damdin) 0829/Bangkalan Letkol Inf Syarifuddin Liwang yang disampaikan oleh Kasdim 0829/Bangkalan Mayor Inf Mahfud Rofi’i menyampaikan beberapa hal.

Bahwa, sambung dia penyuluhan hukum merupakan program pembinaan peningkatan personel utamanya dalam bidang penegakan hukum dalam rangka pembekalan hukum kepada para Prajurit, PNS dan Persit Kodim 0829/Bangkalan.

Baca Juga :  Ketua DPD RI Berharap Pemerintah Manfaatkan Lahan Tidur untuk Lumbung Pangan

“Agar selalu tertib dan tidak melakukan pelanggaran hukum”, ucapnya.

Diharapkan dengan penyuluhan ini para rajurit, PNS dan Persit Kodim mengetahui dan memahami serta dapat melaksanakan apa yang menjadi penekanan dari pucuk pimpinan TNI-AD.

Di tempat yang sama Mayor Chk Andi Asfar, S.H, M.H. selaku nara sumber Penyuluhan Hukum dari Kumdam V/Brawijaya menyampaikan beragam materi tentang Hukum Pidana Militer.

Diantaranya, ancaman pidana terhadap prajurit yang meninggalkan penjagaan tanpa izin, tindak kejahatan asusila, Kekerasan dalam rumah tangga, LGBT dan penyalahgunaan obat-obatan terlarang dan Narkotika.

Baca Juga :  LaNyalla: Penyandang Disabilitas Harus dapat Ruang Apresiasi

“Dengan adanya Penyuluhan Hukum seperti ini, semoga dapat menjadikan pemahaman, pengetahuan dan gambaran bagi prajurit dalam menghadapi tugas ke depan agar bisa lebih baik,” terang pria kelahiran Bugis sulawesi ini.

Penyuluhan hukum tambah dia, penting untuk diberikan kepada prajurit dari semua Satuan Kerja. Dengan harapan penyuluhan ini bisa meminimalisir pelanggaran yang dilakukan oleh prajurit maupun keluarganya.

Baca Juga :  Buntut Podcast Bahas Kasus Formula E, Gawatch Laporkan Novel Baswedan ke KASN

Materi penyuluhan antara lain, tentang pengertian dan sanksi Desersi/THTI, Penganiayaan (KDRT), tindak susila, Pemberhentian Dengan Tidak Hormat (PDTH), Ketentuan Pemberian Schorsing.

Termasuk pengangkatan dalam jabatan dan beberapa materi yang lain yang dapat dijadikan acuan oleh seluruh Prajurit, PNS dan Persit Kodim 0828/Kota Bangkalan dalam menjalankan tugas serta dalam kehidupan sehari hari.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kasdim 0829/Bangkalan, seluruh jajaran Danramil, pasi Kodim seluruh anggota Kodim 0829/Bangkalan, PNS TNI AD. (*/Yan)

Dapatkan Berita Terupdate dari Lensa Madura di: