Pertama Kali, Gugus 3, 4 dan 5 Gelar Lomba Pra KSN Secara Online

Para Juara Pra KSN tingkat Gugus 3,4 dan 5 berfoto bersama pengawas, kepala Sekolah dan Pengurus Gugus/Foto: Dasuki.

PAMEKASAN, Lensa Madura – Untuk mempersiapkan peserta didik menghadapi perhelatan Pra Kompetisi Sains Nasional (KSN) Kecamatan dan Kabupaten, Gugus 3,4 dan 5 bahu-membahu bekerja sama untuk mengadakan lomba Pra KSN tingkat gugus.

Kegiatan bertempat di SDN Dempo Barat 1 Kecamatan Pasean Kabupaten Pamekasan. Kamis, 20 Januari 2022.

Jumlah Sekolah yang tergabung di gugus 3,4 dan 5 berjumlah 21 sekolah. Masing-masing sekolah mengirimkan 2 delegasi dari masing-masing Mapel Matematika dan IPA. Total jumlah keseluruhan peserta lomba Pra KSN gugus 3,4 dan 5 adalah 84 peserta.

Ketua Gugus 4, Kurnia Kusumaning Tias, S.Pd mengatakan, kegiatan ini sebagai ajang ‘pemanasan’ sebelum menghadapi lomba Pra KSN tingkat kecamatan dan Kabupaten.

Baca Juga :  KLK Madura Sebut Ulum Tebar Fitnah Tuduh AQ Terima Suap Rp 3 Miliar

“Bedanya adalah pelaksanaannya semuanya dengan sistem online. Mulai dari pendaftaran hingga pelaksanaan semua serba online,” tuturnya.

Menurutnya, sistem online ini merupakan pertama kali diadakan di kecamatan Pasean.

Sementara itu, Pengawas Kecamatan Pasean Miftahol Huda, S.Pd., M.Si., M.Pd mengatakan, dirinya sangat mengapresiasi inovasi yang dilakukan oleh gugus 3,4 dan 5.

“Saya bangga dengan guru-guru Pasean,” ungkapnya mantap.

Dirinya juga¬† membenarkan kalau Pra KSN secara online memang baru pertama kali di adakan. “Tidak hanya di kecamatan Pasean, Pra KSN online ini baru pertama kali di kabupaten¬† Pamekasan,” ucapnya.

Baca Juga :  Pemuda Pancasila Sumenep Bersihkan Monumen Tempat Gugurnya KH. Abdullah Sajjad

Selain itu, lanjut Miftahol Huda, kegiatan ini (Pra KSN tingkat gugus-red) sebagai uji coba untuk pelaksanaan Pra KSN tingkat Kecamatan Pasean yang akan dilaksanakan secara online juga.

Pihaknya juga berharap, semua sekolah mampu memanfaatkan teknologi untuk kegiatan belajar dan pembelajaran.

“Manfaatkan IT sebaik mungkin dan latih peserta didik menggunakan IT mulai sejak dini,”. harapnya.

Haris Ramadhan, S.Pd. selaku Ketua panitia mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang sudah membantu sehingga pelaksanaan pra KSN Gugus berjalan dengan lancar.

Baca Juga :  KT Batu Langit Lebeng Barat Panen Bawang Merah Upland Project 2023

“Walau tadi ada sedikit kendala saat peserta mau login ke soal, namun, alhamdulillah tim IT kami bisa mengatasinya,” ucapnya.

Untuk kejuaraan lomba pra KSN, dari masing-masing Mata pelajaran di ambil juara 1, 2, 3 dan harapan 1, 2, 3. Pemberian hadiah langsung dilaksanakan setelah lomba berakhir, karena dengan sistem online nilai langsung bisa diketahui setelah selesai dan semuanya bisa memantau langsung.

(Dasuki)

Dapatkan Berita Terupdate dari Lensa Madura di: