Panen Bawang Merah Dari Bibit Bantuan Pemerintah, Petani di Pasongsongan Sumringah

Foto. Panen Perdana Bawang Merah, Kelompok Tani Pesona Cempaka Desa Cempaka, Pasongsongan Sumenep.

SUMENEP, LensaMadura.Com Kelompok Tani (Poktan) Pesona Campaka Kecamatan Pasongsongan, Kabupaten Sumenep sukses Panen perdana bantuan bibit bawang merah melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Sumenep kepada Poktan di Desa Campaka Kecamatan Pasongsongan.

Buktinya bantuan bibit itu mampu menghasilkan 2 hingga 9 ton lebih bawang merah saat panen Jumat 23 September 2022 lalu.

Bantuan bibit bawang merah Kementerian Pertanian melalui Dinas Ketahanan Pangan Dan Pertanian (DKPP) sumenep Tahun 2022 kepada Poktan bervariasi, sesuai kesiapan lahan pada masing-masing kelompok tani, ada yang 1 Ton 7 Kwintal hingga 2,5 Ton.

Sementara hasil panen bawang merah dengan luas tanam 0,256 hektar menghasilkan bawang sebanyak 2,4 Ton umbi bawang.

Baca Juga :  Media Peka Aksara bersama Bupati Sumenep Berikan Santunan untuk 30 Anak Yatim

“Kami kelompok tani Pesona Campaka merasa bangga karena berhasil melaksanakan panen bawang merah di musim panas dan hujan seperti ini dengan hasil yang cukup bagus,” kata ketua Poktan Pesona Campaka, Abd Wahed.

Tanaman bibit bawang merah oleh kelompok tani pesona campaka tidak hanya hasil panennya saja yang berlimpah.

Namun setelah masa panen itu terkait dengan harga jual bawang cukup baik dan juga tidak semua umbi dijual, akan tetapi disimpan untuk proses pembibitan nantinya.

Baca Juga :  Polres dan Dishub Sumenep mulai Periksa Kelayakan Armada Bus Lebaran Idulfitri 2023

“Terkait harga jual saat ini dari Rp. 20.000 hingga Rp. 22.000 per-kilogram jadi dengan harga itu patut bersyukur,” tuturnya.

Lebih lanjut, ia menyampaikan terimakasih kepada kementrian Pertanian, pemerintah daerah melalui dinas ketahanan pangan dan pertanian (DKPP) Sumenep yang telah memberikan bantuan bibit Program Upland 2022 ini dalam upaya peningkatan ekonomi petani.

Untuk diketahui, bantuan ini adalah anggaran dana pemerintah pusat tahun 2022 yang berasal dari program Upland. Program itu untuk Kecamatan Rubaru dan untuk kelompok tani di 4 (empat) Desa di Kecamatan Pasongsongan.

Poktan Barata Agung Desa Campaka Kecamatan Pasongsongan juga menyampaikan hal yang sama bahwa pihaknya telah panen bawang merah pada senin 26 September 2022 lalu.

Baca Juga :  KWT Sumber Penang Sukses Panen Bawang Merah Varietas Rubaru

Luas lahan 3 Hektar sebanyak 2,5 ton bibit yang menghasilkan 9 ton umbi bawang merah.

“Panen Bawang kali ini alhamdulillah sukses mas, dan bawangnya juga besar. ” Ungkapnya Mohammad Madi kepada media ini.

Ditambahkan, dirinya menyampaikan terimakasih karena dengan bantuan bibit dari kementerian Pertanian melalui Dinas Ketahanan Pangan Dan Pertanian (DKPP) kabupaten sumenep sangatlah membantu pendapatan petani.

“Mator sakalangkong Pak menteri, pak Bupati Sumenep tor jhugen pak Kadis Pertanian,” pungkasnya. (Pur/Yan)

Dapatkan Berita Terupdate dari Lensa Madura di: