Momentum HUT ke-77 RI, Puti Serahkan 17.000 Beasiswa Kepada Siswa

SURABAYA, lensamadura.com – Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia dijadikan Cucu Presiden RI pertama, Puti Guntur Soekarno berbagi beasiswa. Tercatat, beasiswa yang telah dibagikan untuk anak SD, SMP, dan SMA mencapai 17.000.

Jumlah beasiswa tersebut diberikan untuk siswa-siswa yang berada di daerah pemilihan (Dapil) Puti Guntur Soekarno, yakni Surabaya dan Sidoarjo.

Beasiswa ini bakal meringankan siswa dalam menempuh pendidikan. Sebab, mereka akan mendapatkan biaya yang ditransfer langsung ke rekening siswa secara langsung.

“Jadi transfernya langsung ke rekening siswa, bukan ke sekolah. Ini dilakukan supaya penerima manfaat merasakan langsung,” kata Puti.

Baca Juga :  Disdik Sumenep Sukses Gelar Festival Drumband Pelajar 2024, Wadah Pengembangan Kreativitas Generasi Muda

Puti meminta, beasiswa ini dipergunakan untuk kebutuhan pendidikan, bukan untuk kebutuhan keseharian orang tua, apalagi membeli pulsa maupun belanja.

Menurutnya, beasiswa ini berasal dari keuangan Negara, jadi penggunaan harus bisa dipertanggung jawabkan.

Putri Guruh Soekarno ini menegaskan, program ini akan selalu diperjuangkan, karena ia menginginkan anak-anak Indonesia memiliki pendidikan yang layak.

“Pembangunan SDM (Sumber Daya Manusia) menjadi prioritas yang harus dijalankan,” tutur Puti.

Saat ini, ungkap dia, sudah ada sekitar 17.000 siswa yang menerima beasiswa ini. Jumlah tersebut bakal meningkat, karena pembangunan SDM anak akan terus dilanjutkan.

Baca Juga :  Wujudkan Kejesahteraan Petani, DKPP Sumenep Adakan Program P2L

Untuk itu, lanjut Puti, sebagai kader PDI Perjuangan harus mampu menyiapkan segala kebutuhan memanfaatkan kebijakan-kebijakan pemerintah.

“Saya inikan membawa program, melalui jaring aspirasi ada beasiswa yang harus disalurkan ke siswa. Saya punya kuota dan kebijakan itu, saya akan melakukan pendampingan hingga tuntas,” ujarnya.

Untuk merespon kebijakan ini, Anggota Komisi X DPR RI ini meminta kader pendamping program ini mumpuni. Hal ini dilakukan supaya input data yang dibutuhkan kementerian bisa berjalan dengan baik.

“Verifikasi harus benar supaya tidak ditolak,” akunya.

Anggota DPRD Kota Surabaya, Budi Leksono mengatakan, beasiswa yang diberikan kementerian melalui aspirasi Puti Guntur Soekarno memiliki arti mendalam bagi masyarakat. Beasiswa tersebut bisa meringankan beban masyarakat dari sector pendidikan.

Baca Juga :  Dinkes Pamekasan Sebut Kehadiran RSIA Puri Bunda Bantu Pemerintah dan Masyarakat

“Saya berterima kasih kepada Mbak Puti. Ini sangat membantu warga dalam membiayai pendidikan,” katanya.

Bulek panggilan akrab Budi Leksono menerangkan, pemberian beasiswa ini sebagai bentuk PDI Perjuangan memperjuangkan hak masyarakat bawah. Dengan kebijakan ini, maka masyarakat benar-benar menerima manfaat beasiswa ini.

“Saya berharap Mbak Puti menambah jumlah kuota beasiswa ini. Banyak masyarakat yang membutuhkan,” papar dia. (red)

Sumber: Rilis berbagai sumber

Dapatkan Berita Terupdate dari Lensa Madura di: