Mahasiswa KKM STIT Aqidah Usymuni Sumenep Gelar Pelatihan Tajhizul Jenazah

SUMENEP, lensamadura.com – Mahasiswa Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) STIT Aqidah Usymuni Tarate Sumenep kelompok IV adakan pelatihan Tajhizul Jenazah, Selasa 16 Agustus 2022.

Kegiatan tersebut berlangsung di kediaman Kades Giring, Kecamatan Manding, Kabupaten Sumenep dan diikuti oleh warga setempat.

Dalam kegiatan tersebut, KKM Posko IV mengundang KH. Qumri Rahman Ketua PC GP Ansor Sumenep sebagai pemateri pelatihan Tajhizul Jenazah.

Baca Juga :  PT KEI Siapkan 5 Program Untuk Mendongkrak Ekonomi Sumenep

Ketua Kelompok Posko IV Rofieq Rahman mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan masyarakat dalam hal penyelenggaraan fardhu kifayah, seperti halnya mengadakan pelatihan secara teoritis dan praktis tentang tatacara pengurusan jenazah.

“Masih banyak warga yang belum memahami dengan baik tajhizul mayit atau tata cara mengurusi jenazah,” kata Rofieq Rahman kepada media ini.

Baca Juga :  Kumdam V Brawijaya Sosialisasikan UU Tentang Pornografi, Begini Harapannya Untuk Prajurit Kodim 0826 Pamekasan

Untuk bisa menyelenggarakan pengurusan jenazah dengan baik dan benar, peran pemuka agama sangat diperlukan.

“Oleh karena itu, kami bekerja sama dengan pemerintah desa setempat menyelenggarakan pelatihan ini,” terang Rofieq.

Lebih lanjut Rofieq menjelaskan, dalam kegiatan ini para warga diberi pelatihan mulai dari tata cara memandikan jenazah, mengkafani, hingga mensalatkan.

Baca Juga :  Komisi VIII DPR RI Mohammad Ali Ridha Pantau  Lokasi Penerima Rutilahu Empat Kecamatan  di Pamekasan

“Kalau selama ini masyarakat mendapat teorinya di pengajian-pengajian umum, sekarang kita belajar mempraktikkannya langsung,” tambahnya.

Lebih lanjut, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Kelompok IV Fathor Arifin menyambut baik program kerja yang digagas kelompok bimbingannya.

“Apa yang telah dilakukan oleh para mahasiswa KKM ini bisa memberikan manfaat seluas-luasnya bagi masyarakat Giring,” tandasnya. (rif/red)

Dapatkan Berita Terupdate dari Lensa Madura di: