KPU Sumenep Gelar Tes Tertulis PPS, Kapolres Sumenep Terjunkan 96 Personel Didua Titik, Begini Alasannya

SUMENEP, Lensamadura.com — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep, Madura Jawa Timur gelar Tes Tertulis Untuk Calon Anggota Panitia Pemungutan Suara sebanyak 3.994 peserta, baik dari wilayah daratan maupun kepulauan se-kabupaten sumenep, Madura Jawa Timur Senin 9 Januari 2023.

Pelaksanaan tes tertulis tersebut di selenggarakan di 2 (Dua) Tempat, untuk gedung Korpri ditempati peserta dari 10 Kecamatan dengan peserta sebanyak 1.152, sedangkan untuk Gedung Graha Adi Poday Ditempati 17 Kecamatan Sebanyak 2.857 (Dua Ribu Delapan Ratus Lima Puluh Dua) Peserta.

Rafiqi Tanzil dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelaksanaan tes tertulis ini bagian dari Upaya KPU Kabupaten menyelenggarakan tahapan lanjutan bagi calon peserta Panitia Pemungutan Suara (PPS) pada Pemilu 2024.

“Sehingga Tahapan kedua ini nantinya akan dilanjutkan ke tahap wawancara yang akan diikuti oleh peserta yang lolos tes tertulis sesuai ketentuan dan jadwal berikutnya”, Ungkapnya.

Pihaknya berharap seluruh calon dari setiap desa Bersaing dengan kompetensi yang dimiliki. karena PPS Berbasis desa, maka KPU berkomitmen untuk mengambil 3 Orang dari setiap desa nantinya dan maksimal 2x Kebutuhan.

Baca Juga :  BANAAR Batuputih Kunjungi Kantor BNN Sumenep, Ini Tujuannya

“Fokus, tenang dan enjoy serta nikmati keadaan ini dengan dikumpulkan ditempat yang mungkin pengap, KPU RI dan Provinsi menyarankan Tes Tulis Komputer atau CAT. Namun kabupaten sumenep yang memiliki daerah kepulauan mengusulkan tes tulis manual, serta diusahakan selesai pada hari ini juga”, Harapnya.

Lanjut, Rafiqi Akrabnya menjelaskan bahwa Pemilu 2024 ini ada gawet nasional yang akan memilih Presiden, DPR RI, DPRD Jatim Dan DPR Daerah.

“Dan pada Tanggal 7 November 2024 akan melaksanakan Pemilihan Bupati Dan Gubernur. InsyaAllah jika tidak ada perubahan regulasi, Panitia Pemungutan Suara (PPS) akan dilanjutkan selama 2 Tahun” Paparnya.

Ditambahkan, seluruh peserta harus betul-betul memperhatikan serta Mengikuti Tatib agar tidak berdampak buruk pada pelaksaan tersebut, sebab semua petugas Intern KPU bersama PPK akan mengawasi betul pelaksanaan tes tertulis tersebut.

Baca Juga :  Wow, Pemuda Ini Dapat Kado Ultah Unik Dari Sang Pacar

“Ada Sebanyak 75 soal dengan durasi 90 menit yang dibagi menjadi 4 (Empat) Tipe Soal, Yakni Tipe A, B, C Dan D kepada peserta yang secara otomatis tidak akan sama dengan teman sebelahnya.

Dalam pelaksanaan tes tertulis, hasil dari Ini murni untuk menguji kompetensi setiap peserta dalam menyelesaikan soal-soal yang dibagi menjadi 4 Tipe, sebab kelulusan peserta menyesuaikan ketangkasan peserta dalam mengerjakan soal dari KPU.

“Nanti Pengumuman hasil tes tertulis akan diumumkan pada tanggal 15 Januari 2023″, ” Tambahnya.

Sementara itu, Kapolres Sumenep AKBP Edo Satya Kentriko, S.H.,S.I.K.,M.H memimpin langsung pelaksanaan pengamanan kegiatan tes tulis seleksi calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pemilu tahun 2024 yang diikuti oleh 3.991 peserta.

Kegiatan tersebut juga dihadiri Wakapolres, Kabag Ops, Kasat Intelkam, Kasat Lantas, Kasat Samapta dan Kapolsek Kota Sumenep.

Pada kesempatan tersebut AKBP Edo Satya Kentriko berharap agar kegiatan seleksi tes tulis untuk calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pemilu tahun 2024 agar dilakukan secara transparan dan akuntabel.

Baca Juga :  Gunakan Pakaian Madura di HUT RI, Bentuk Penghargaan Ketua DPD RI untuk Budaya Nusantara

“Hari ini KPU menggelar tes tulis seleksi anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk pemilu tahun 2024. Saya berharap untuk dilakukan secara transparan dan akuntabel,” kata Kapolres Sumenep pada media ini, Senin 09 Januari 2023.

Untuk itulah, Polres Sumenep menerjunkan 96 personil dalam rangka pengamanan kegiatan tes tulis seleksi calon anggota PPS di dua titik lokasi tersebut.

Pihaknya juga minta agar calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang lulus ataupun terpilih nantinya akan Memberikan sumbangsih kualitas pemilu tahun 2024 yang bersih, transparan dan akuntabel.

“Saya minta peserta yang lulus/terpilih menjadi PPS Pemilu tahun 2024 merupakan putra putri terbaik yang ada di Kabupaten Sumenep, sehingga nantinya dapat memberikan sumbangsih kualitas pemilu yang bersih, transparan dan akuntabel,” tandasnya, (Wafa)

Dapatkan Berita Terupdate dari Lensa Madura di: