Disbudporapar Usung Pekan Raya, Meriahkan Hari Jadi ke-753 Kabupaten Sumenep

SUMENEP, lensamadura.com – Menyambut Hari Jadi ke-753 Kabupaten Sumenep, Dinas Kebudayaan Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Kabupaten Sumenep menyiapkan berbagai pagelaran yang bertajuk ‘Pekan Raya’.

Pekan Raya yang akan digelar Disbudporapar Sumenep tersebut akan dimeriahkan dengan berbagai pagelaran. Di antaranya, Pameran UMKM dan Multi Produk, penampilan budaya Sumenep, lomba Band tingkat SD-SMA, musik tong-tong, orkes dangdut, ludruk dan lain sebagainya.

Kepala Disbudporapar Kabupaten Sumenep Mohamad Iksan mengatakan, berbagai pagelaran akan dilaksanakan penuh selama bulan Oktober hingga November. Sebab pada 31 Oktober 2022 nanti merupakan puncak Hari Jadi Sumenep.

Baca Juga :  SMSI Sumenep Gandeng Ar-Raudah Computer Berikan 300 Bungkus Takjil Gratis kepada Pengguna Jalan

“Pada Hari Jadi Sumenep tahun ini Disbudporapar mewakili Pemerintah Kabupaten Sumenep akan menggelar kegiatan yang mampu menggali potensi serta budaya yang ada di Sumenep. Temanya Harmoni Bumi Sumekar,” kata Mohamad Iksan, Senin, 26 September 2022.

Menurutnya, keputusan ini diambil karena Kabupaten Sumenep kaya akan kesenian dan kebudayaan, sehingga perlu diperkenalkan secara luas. Artinya dari beberapa kebudayaan yang ada di Sumenep kita sampaikan dan eksplor.

Baca Juga :  Bupati Sumenep Pastikan Penyaluran Pupuk Tahap Pertama, Bantu Petani di Kecamatan Lenteng

Berbagai kegiatan yang disiapkan mulai dari kesenian tradisional, seni modern, pawai budaya hingga prosesi Arya Wiraraja.

“Contohnya ada festival musik tong-tong, jaran serek, terus yang akan digelar teman-teman KJS yaitu Pelangi di Sumenep isinya fashion etnik, kuliner juga. Kemudian pawai, pesta rakyat yang menampilkan artis nasional yang berasal dari Sumenep,” kata Iksan, sapaan akrabnya.

Baca Juga :  LaNyalla Imbau Tracking Ketat Usai Kantor Bupati Bangkalan Ditutup Imbas Covid-19

“Ada juga lomba ayam bekisar, perkutut, karapan kambing, karapan sapi ada juga funbike. Pokoknya itu nanti di Oktober satu bulan full. Nanti di puncaknya ada prosesi Arya Wiraraja,” tambahnya.

Hari Jadi Sumenep tahun ini memang akan digelar secara meriah. Hal tersebut karena dua tahun terakhir dilaksanakan sederhana akibat imbas pandemi Covid-19.

Informasi yang dihimpun lensamadura.com, ada 30 grup tong-tong yang sudah mendaftar di Disbudporapar Sumenep. (Pur)

Dapatkan Berita Terupdate dari Lensa Madura di: