Presiden Jokowi Bersama Menhan Prabowo Subianto Kepincut Produk UMKM Batik Tulis Canteng Koneng Saat Kuker Ke Sumenep

Foto: Presiden (Tengah) saat melihat produk batik Canteng Koning bersama Menhan Prabowo (Kiri) Achmad Fauzi (Kanan) Dan Khofifah Indar Prawansyah (Belakang)

SUMENEP, Lensamadura Presiden Republik Indonesia Joko Widodo bersama Mentri Pertahanan Prabowo Subianto borong produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Batik Tulis Canteng Koneng Saat Kunker Ke Kabupaten Sumenep, Rabu (20/04/2022).

Untuk diketahui, Dalam agendanya yang dijadwalkan Presiden Jokowi akan meresmikan bandar udara (Bandara) Trunojoyo Sumenep.

Saat jalan-jalan meninjau pusat UMKM di Stand Usai meresmikan Bandar Udara Trunojoyo Sumenep, Presiden Jokowi Didampingi Mentri Pertahanan Prabowo Subianto, Mentri BUMN Eric Thohir Bersama Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansah Dan Bupati Sumenep Lora Achmad Fauzi.

Pantauan Media Liputan12 Di lokasi, Di stand Batik Tulis Canteng Koneng, presiden Jokowi bersama rombongan berhenti cukup lama.
Mereka melihat produk-produk Batik Tulis Khas Sumenep yang dipajang di stand tersebut, hingga Presiden memerintahkan para mentri untuk memborong Produk UMKM Batik Khas Sumenep ini.

Baca Juga :  Tokoh Pemuda Desa Bunten Timur Sesalkan Pengusiran Petugas PLN Oleh Warga

“Pak Menham tolong di beli semua batik ini, karena ini produk asli yang sangat memiliki karakter yang berbeda dengan motif batik yang lain,” Ucapnya kepada Mentri Pertahanan Prabowo Subianto.

Selanjutnya, Presiden Jokowi Bersama Robongan tertarik dengan produk Batik Khas Sumenep hingga memborong Beberapa potong Batik Tulis Canteng Koneng.

Baca Juga :  Raih Emas Kejurnas Karate, Alex Dedikasikan untuk Mendiang Pelatih Lukman Arif

Karena, selain mempunyai motif dan corak warna yang khas, Batik Tulis Canteng Koneng juga memiliki karakter tegas dan berwibawa, dilihat dari warnanya yang berani.

Kepala Negara berharap, kepada seluruh pengrajin batik untuk tetap mempertahankan dan melestarikan warisan budaya, seperti Batik Tulis canteng koneng Batik Khas Sumenep ini.

Ditempat yang sama, Bupati Sumenep Lora Achmad Fauzi menyampaikan, jika para pembatik di Kabupaten Sumenep menglami kemajuan yang sangat luar biasa dengan dimotori oleh Batik Tulis Canteng Koneng.

“Pak Presiden ini karya batik tulis Canteng Koneng ini adalah batik khas Sumenep yang punyak karakter tersendiri, dan batik tulis ini murni karya pemuda kreatif Asli Sumenep dikerjakan oleh Pemuda kreatif yang di motori oleh Padepokan Batik Tulis Canteng Koneng,” Ucap Lora Fauzi.

Baca Juga :  Puskesmas Batang-batang diduga Melakukan Pungli, Begini kata Masyarakat Setempat

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Menuturkan, jika selama ini para pengrajin Batik Tulis Khas Sumenep akan selalu di berdayakan serta di sejah terakan demi menjaga kelestarian budaya Bangsa kita.

“Untuk menjaga kelestaria Budaya bangsa kami akan terus meningkatkan kesejahteraan para pengrajin, dan kami terus mencetak para pengrajin batik tulis yang muda di Kabupaten Sumenep ini” Tandasnya.(Pur)

Dapatkan Berita Terupdate dari Lensa Madura di: