Permudah Layanan Kependudukan, KKN STIT Aqidah Usymuni Gandeng Disdukcapil Sumenep

SUMENEP, Lensa Madura – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Sumenep dan Pemerintah Desa (Pemdes) Jenangger Kecamatan Batang-batang bersama KKN STIT Aqidah Usymuni kelompok III menggelar layanan administrasi Kependudukan untuk Tata Kelola Pemerintahan Desa yang Efisien di Desa Jenangger, Kecamatan Batang-Batang, Senin,14 Maret 2022.

Sasaran pelaksanaan melengkapi administrasi pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk) dari tingkat pemerintahan desa.

Sahrul Hubairi ketua panitia menuturkan bahwa agenda administrasi kependudukan yang diadakan kelompok KKN ini adalah bagian dari implimentasi Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam kehidupan di masyarakat.

Baca Juga :  Haul Akbar Hari Jadi ke-753 Sumenep, Wabup Nyai Eva: Penghormatan Kepada Leluhur Sumenep

“Sehingga Program ini mampu memberikan solusi bagi masyarakat setempat yang belum memiliki e-KTP Khususnya,”Tutur mahasiswa STIT Aqidah Usymuni ini.

Camat Batang-batang, Mujib S.Sos menyampaikan bahwa administrasi kependudukan oleh mahasiswa KKN bekerjasama dengan Pemdes Jenangger adalah bentuk kepedulian kepada masyarakat.

Lima desa kemiskinan ekstrim lanjut camat diantaranya (Kolpo, Tamidung, Nyabakan Barat, Nyabakan Timur, Batang-Batang Daya) sedikit-demi sedikit bisa dicarikan solusi oleh mahasiswa KKN.

Baca Juga :  Rumah Ibunda Mahfud MD di Pamekasan Digeruduk, LaNyalla Ajak Semua Pihak Tabayyun

“Dengan berbagai agenda-agenda peningkatan ekonomi kerakyatan di desa terdampak,” katanya.

Gunakan kesempatan ini sebaik-baiknya, untuk digunakan untuk keperluan administrasi lainnya.

Sekretaris Desa jenangger, Suhairi,S.Pd menyampaikan dalam sambutannya, bahwa pihaknya mengucapkan terimakasih kepada teman-teman KKN telah membantu pemerintah Desa Jenanger ini.

Berkaitan dengan pembuatan KTP ini berkaitan pula dengan SID (Sistem Informasi Desa) untuk mempermudah administrasi desa, “Singkatnya.

Baca Juga :  Rutan Sumenep Lakukan Rehabilitasi Warga Binaan melalui Terapi Spiritual

Kabid Pelayanan Dukcapil Disdukcapil Sumenep Wahasah mengucapkan terimakasih atas prakarsa mahasiswa KKN kelompok III STIT Aqidah Usymuni.

“Mempunyai gagasan untuk bekerjasama dengan Disdukcapil dalam pengabdiannya untuk pelayanan administrasi kependudukan di masyarakat Desa Jenangger,” tuturnya kepada LensaMadura.Com.

Untuk tahun ini, akan ada e-KTP Digital Dukcapil. Sudah dilaunching tahun 2019 kemarin untuk Go-Digital. (Pur/yan)

Dapatkan Berita Terupdate dari Lensa Madura di: