Pemuda Islam Nusantara Tebar Kebaikan Melalui Kegiatan Khitanan Massal

SUMENEP, Lensamadura Pemuda Islam Nusantara (PIN)  bersama Puskesmas Legung Timur dan Batang-batang gelar khitanan massal bertempat di Depan Gedung Baru Balai Latihan Kerja (BLK) Pondok Pesantren Darut Thayyibah Desa Legung Timur Kecamatan Batang-batang, Sumenep, Sabtu 16 Juli 2022.

Kegiatan tersebut dimulai sejak jam 08.45 pagi hingga jam 11.00 WIB.

Untuk diketahui, peserta khitanan massal tersebut sebanyak 22 orang yang berasal dari berbagai kecamatan. Di antaranya Kecamatan Dasuk, Batuputih, Batang+batang dan Dungkek.

Baca Juga :  Bagini Pandangan DPRD Jatim Zainal Abidin Tentang Provinsi Madura

Ahmad Bashori ketua PIN menuturkan bahwa kegiatan khitanan massal tersebut sebagai upaya memfasilitasi kebutuhan masyarakat serta menjadi salahsatu agenda menjaga kesehatan dan kebersihan diri pada anak laki laki, sebab khitan dapat mencegah terjadinya penyakit pada penis dan sebagainya.

“Kegiatan Khitan digelar untuk mengurangi resiko terjadinya penyakit pada jenis kelamin serta dapat memberikan kemudahan dalam membersihkan organ intim saat dewasa nantinya,” katanya.

Baca Juga :  Pemuda Guwa-Guwa Menyayangkan E-Warung Belum Menyalurkan Program BPNT

Pihaknya berharap dengan kegiatan ini mampu menjadi nilai ibadah serta sedikit membantu kebutuhan masyarakat.

“Sekaligus upaya pengabdian pemuda untuk masyarakat secara umum dan batang-batang pada khususnya,” tambahnya.

Sementara, Petugas Puskesmas Legung Acip Supriyadi menyampaikan, obat yang diberikan petugas kepada masing masing peserta itu agar diminum secara rutin dan teratur.

“Untuk mempercepat proses penyembuhan sekitar 5-10 hari, sekaligus menghindari gerakan kasar yang memperlambat penyembuhan pada anak yang sudah dilakukan sunnat, (Red, Khitanan),” kata Acip.

Baca Juga :  Disdukcapil Sumenep Terapkan Program SP4N-LAPOR

Acip mengimbau kepada peserta khitan agar memperbanyak konsumsi protein seperti telur dan sebagainya.

Terpisah, Mu’am peserta dari Desa Nyabakan Barat Kecamatan Batang-batang menyampaikan terimakasih atas disediakannya tempat serta fasilitas khitanan massal secara gratis tersebut.

“Semoga dinilai ibadah dan barokah, serta anak yang sudah dilakukan khitan lekas membaik dan kembali beraktivitas seperti semula,” paparnya. (Pur)

Dapatkan Berita Terupdate dari Lensa Madura di: