Ketua DPD RI Minta BPS Turut Dukung Penguatan Pertanian Jawa Timur

IMG-20230303-WA0007~2
LaNyalla (lensamadura.com/istimewa)

SURABAYA, lensamadura.com – Sektor pertanian di Jawa Timur mendapat perhatian serius dari Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti. Ia berharap semua pihak ikut mendukung peningkatan sektor ini, termasuk Badan Pusat Statistik (BPS).

Menurut LaNyalla saat menyambangi kantor BPS di Jawa Timur, Jumat, 3 Februari 2023, pertanian adalah sektor yang penting dan vital di masyarakat.

“Pertanian itu adalah sektor yang bersinggungan langsung dengan masyarakat. Karena pangan adalah kebutuhan mendasar seluruh manusia,” kata La nyalla.

Oleh karena itu, LaNyalla berharap pertanian mendapatkan perhatian lebih.

Baca Juga :  Pelindo Petikemas Setor Kewajiban ke Negara Rp1,51 triliun, Ini Rinciannya

“Kita tidak boleh abai terhadap sektor ini. Penguatan pertanian pun harus didukung data-data akurat agar kita bisa mengetahui dimana kelebihan dan apa kekurangan yang harus dikerjakan,” katanya.

Senator asal Jawa Timur itu pun berharap BPS bisa memberikan data akurat yang dibutuhkan pemerintah.

Sementara Kepala BPS Provinsi Jawa Timur Dadang Hardiwan mengatakan, tahun ini akan dilakukan sensus pertanian di Jawa Timur.

“Tahun ini kita melakukan sensus pertanian. Namun, karena karena potensi pertanian Jatim tinggi, petugas yang dibutuhkan cukup banyak, 32 ribu petugas sensus pertanian. Kami lakukan seleksi, kami juga melakukan pelatihan, nanti menjadi bekal petugas bulan Mei tersebar di seluruh kota,” katanya.

Baca Juga :  KKP Serahkan Cold Storage 50 Ton Untuk Dukung UMKM Pemindangan Pasuruan

Dadang menambahkan, BPS juga melibatkan masyarakat terkait sensus.
“Kita membayar orang, kita juga meng-cover keselamatan kerja selama dua bulan,” katanya lagi.

Menurut Dadang, gubernur Jatim sampai saat ini mendukung kegiatan BPS. “Alhamdulillah kami disupport oleh beliau serta jajarannya. Mohon dukungan juga khususnya dari anggota DPD yang di jatim untuk kegiatan kami ini. Karena ini bersinggungan dengan masyarakat sehingga harapan kami sebetulnya dukungan dari berbagai institusi,” ujarnya

Baca Juga :  PetroChina Donasi 5000 Bibit Pohon Mangrove di Pulau Pari

Dijelaskannya, kesulitan yang biasanya ditemui adalah responden orang level atas, atau yang ada di daerah elit.

“Kami juga butuh dukungan ataupun support dari berbagai pihak, termasuk DPD sebagai perwakilan dari masyarakat, agar dapat melaksanakan pengumpulan data lebih kepada masyarakat ke atas, kawasan elit. Alhamdulillah kehadiran pak Nyalla ke kantor kami membuat kami punya spirit untuk terus mendorong program-program kami untuk masyarakat,” pungkasnya. (red)

Dapatkan Berita Terupdate dari Lensa Madura di: