Harhubnas, UPP Kelas II Branta dan Muspika Gelar Kerja Bakti Bersih Laut dan Pantai

KOMPAK: Kegiatan kerja bakti berupa gerakan bersih laut dan pantai yang dilaksanakan oleh KUPP Kelas II Branta/Foto Istimewa.

PAMEKASAN, lensamadura.com – Sebagai wujud bakti insan perhubungan dalam memperingati Hari Perhubungan Nasional dan melindungan lingkungan maritim, Kemenhub Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas II Branta menggelar kegiatan gerakan bersih laut dan pantai, Jumat 23 September 2022.

Kegiatan bersih laut dan pantai dimulai pukul 07.30 WIB bertempat di Pantai Branta, Pamekasan, Madura.

Informasi yang diterima lensamadura.com, jumlah partisipan dalam kegiatan bersih pantai dan laut itu berjumlah 150 orang. Terdiri dari Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup Kabupaten Pamekasan, Camat Tlanakan, Koramil 0826-02 Tlanakan, Polsek Tlanakan, Koramil Camplong, dan masyarakat nelayan di desa Branta.

Baca Juga :  Reses, Wakil Ketua DPRD Jatim Ditanya Tentang Porang, Kesehatan dan Infrastruktur

Kepala Kantor UPP Kelas II Branta Bambang Sugiarto, IP,MM. mengatakan, tujuan gerakan kebesihan tersebut dalam rangka mewujudkan wilayah pelabuhan yang tidak menimbulkan risiko kesehatan masyarakat.

“Mewujudkan kondisi wilayah pelabuhan yang bersih, aman, nyaman dan sehat untuk komunitas pekerja dan masyarakat pelabuhan dalam melaksanakan aktivitasnya,” kata Bambang Sugiarto, IP.MM.

Dijelaskan, agenda bersih pantai dan laut itu berdasar pada instruksi Direktur Jenderal Perhubungan Laut Nomor: HK/211/7/20/DJPL/2019 Tentang Pelaksanaan Gerakan Bersih Laut dan Pantai di lingkungan Direktoral Jenderal Perhubungan Laut.

Baca Juga :  Pemdes Sapeken Terbitkan Aturan Jam Pengoperasian Odong-Odong

“Selain itu, juga beradasar pada surat Plt. Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Nomor: IP.205/1/13/DJPL/2022 tanggal 10 Agustus 2022 tentang pelaksanaan Kampanye Keselamatan Transportas Laut dan Gerakan Bersih Pantai dalam rangka Harhubnas Tahun 2022,” tambah Bambang.

Diketahui, terdapat beberapa rangkaian kegiatan yang sebelumnya telah dilaksanakan. Yaitu bakti sosial berupa donor darah bekerjasama dengan PMI Pamekasan yang diikuti oleh anggota KUPP kelas II Branta dan Muspika Tlanakan serta penyedia jasa di KUPP, 02 September 2022.

Baca Juga :  Kenang Kiai Homaidy Ch, Buku TU(M)BUH: Lelaki Hutan, Cermin Tua dan Mantra Bumi Resmi Diluncurkan

Sedangkan pada 09 September 2022, digelar kampanye Keselamatan Pelayaran melalui pembagian 30 life jacket dan 124 pas kecil kepada nelayan Pamekasan di Pelabuhan Taddan.

Disusul lomba PBB tutup mata yang diikuti oleh anggota KUPP kelas II Branta dan anggota Koramil 0826-02 Tlanakan, Koramil dan Polsek Camplong, bertempat di Pelabuan Taddan, 16 September 2022. Kemudian ditutup dengan pelaksanaan upacara dan tasyakkuran pada 17 September. (Rif)

Dapatkan Berita Terupdate dari Lensa Madura di: