Berkunjung Ke Sumenep, BPTP Jatim Dampingi Balittra Sukseskan Program Upland Project

SUMENEP, Lensamadura.com Balai Pengkajian Tekhnologi Pertanian (BPTP) Jawa timur dampingi Balai Penelitian Tahan Rawa (Balittra) kementrian Pertanian berkunjung ke Sumenep, Kamis 27/10/2022.

Turut Hadir pada pertemuan tersebut dari BPTP Jatim Dr. Gunawan, M.Si dan Ardiansyah S.ST, Kepala Balittra Agus Hasbiyanto, SP, M.Si, Ph.D beserta tim, Analis PSP Balitklimat, Kepala DKPP Kabupetan Sumenep Arif Firmanto, S.TP, M.Si beserta jajaran kepala Bidang.

Baca Juga :  HIMPASS Latih Emak-Emak di Pulau Sakala Sumenep Tentang Branding Produk

Arif Firmanto menyampaikan bahwa Sumenep sebagai salah satu fokus Upland Project Kementerian Pertanian, sehingga program Upland Project merupakan kegiatan pertanian di dataran tinggi yang komprehensif, mulai dari pengembangan on-farm sampai off-farm.

Program tersebut dibentuk demi meningkatkan kapasitas, daya inovasi, serta pendapatan petani, “Imbuhnya Kepala Dkpp Sumenep saat membuka rapat bersama BPTP jatim dan Ballitra Kementan RI.

Baca Juga :  Dongkrak Infrastruktur Pertanian di Sumenep, Kementan Luncurkan Program RJIT dan JAP Tahun ini di Rubaru.

Dalam rangka mensukseskan program tersebut Balai Penelitian Pertanian Lahan Rawa (Balittra) bekerjasama dengan BPTP Jawa Timur turut serta mendampingi pelaksanaan kegiatan upland project 2022, antara lain dalam hal irigasi dan pipanisasi.

Kegiatan tersebut diawali dengan koordinasi dan sosialisasi dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Sumenep, “Paparnya.

Baca Juga :  Loka Karya 7 dan Panen Karya Guru Penggerak Angkatan 5 Pamekasan Meriah, Ini Kata Wabup Pamekasan

Kemudian dilanjutkan dengan survey di lapangan ke perwakilan kelompok tani (poktan) di kecamatan Rubaru untuk menemukan titik-titik sumber air untuk Pembangunan Irigasi dan Pipanisasi.

ini menjadi penting sebagai pertimbangan dalam kegiatan desain konstruksi prasarana lahan dan air irigasi, meliputi aspek perencanaan, aspek teknis, aspek keuangan. (*/Pur)

Dapatkan Berita Terupdate dari Lensa Madura di: