Balqis Al-Banjari Hibur Masyarakat Badur

Sumenep, LensaMadura.Com – Sejumlah kelompok seni musik terus bermunculan. Salah satu yang paling diminati masyarakat yakni hadrah banjari. Karena memang sesuai dengan kultur masyarakat Madura.

Seperti halnya hadrah Balqis Al-Banjari asal Bataal Barat, Kecamatan Ganding, Kabupaten Sumenep yang konsisten menebarkan lagu-lagu islami, selawat nabi lewat senandung lagu yang merdu.

Dalam agendanya, Balqis Al-Banjari ini telah manggung dalam beberapa acara. Baru-baru ini tampil di Desa Badur, Kecamatan Batuputih, Kabupten Sumenep dalam acara Pengajian Umum dan Khotmil Quran, Selasa, (01/09/2020).

Baca Juga :  Dikunjungi Ketua DPD RI LaNyalla, Ketua KPU Jatim: Ini Sejarah Pertama dan Merupakan Kehormatan

Kehadiran Balqis Al-Banjari besutan KH. Muammar ini dalam rangka menghibur para tamu undangan, dan masyarakat setempat yang hadir ke kediaman tuan rumah Hosri dan Sari’ati.

Henny selaku vokalis Balqis Al-Banjari menjelaskan, bahwa kesenian tradisional dengan alat musik rebana tersebut patut untuk terus dijaga dan dikembangkan sebagai misi di bidang dakwah lewat seni musik.

“Selain pementasan ini, Balqis Al-Banjari sudah kedua kalinya tampil di dekat Pantai Badur Batuputih Sumenep ini. Artinya Balqis Al-Banjari diberikan  ruang oleh masyarakat agar lebih dikenal khususnya para penggemar seni musik hadrah maupun tamu undangan yang datang,” katanya.

Baca Juga :  Minta Dukungan Jadi Kabupaten Kepulauan, Pemkab dan DPRD Sumenep Temui Ketua DPD RI

Sementara itu, Sayyidi salah satu promotor Balqis Al-Banjari menambahkan, kesenian tersebut cocok dipentaskan di Desa Badur Kecamatan Batuputih, karena selain jiwa penduduknya mayoritas yang beragama islam juga bisa menjadi media syiar melalui syair selawat dan lagu islami yang dibawakan.

“Hadrah biasanya dimainkan saat pengajian, maulid dan perayaan-perayaan hari besar islam. Namun dewasa ini, hadrah telah berkembang pesat di masyarakat Indonesia sebagai musik untuk mengiringi pesta pernikahan, sunatan, kelahiran bayi, acara festival seni musik islami,” jelas Sayyidi salah satu alumni PP. Annuqayah itu.

Baca Juga :  Hadiri Temu BEM Madura, Kepala DKPP Sumenep Sampaikan Ini

Lebih lanjut, Sayyidi menambahkan, hadrah juga bisa mengiringi kegiatan ekstrakulikuler di sekolahan, pesantren, remaja masjid, majelis taklim serta menyambut tamu kehormatan.

“Seperti halnya Balqis Al-Banjari ini, sering diundang oleh berbagai elemen masyarakat. Karena Balqis Al-Banjari yang serba-bisa dan sudah terkenal kemana-mana,” pungkas Sayyidi alumnus STIT Al-Karimiyyah itu. (rif/syd)

Dapatkan Berita Terupdate dari Lensa Madura di: