135 PPK Resmi Dilantik, KPU Sumenep: Siap Sukseskan Pemilu 2024

SUMENEP, lensamadura.com – Komisioner Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep gelar Pelantikan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, bertempat di Bupati Hall tepatnya di Jl KH. Mansyur, Pabian, Kota Sumenep, Jawa Timur, Rabu 4 Januari 2022.

Turut hadir Pada kesempatan tersebut, Sekretaris Daerah (Sekda Kabupaten Sumenep), Ketua DPRD Kabupaten Sumenep, Kapolres Sumenep, Kodim 0827 Sumenep, Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Organisasi Keagamaan, dan Masyarakat se-kabupaten Sumenep, Anggota PPK terpilih se-kabupaten Sumenep.

Dalam kesempatan itu Ketua KPU Kabupaten Sumenep Dr. Rahbini melantik sebanyak 135 panitia PPK dengan dengan khidmat.

“Setelah melalui proses panjang yang diikuti sekitar 4.114 pendaftar pada aplikasi Siakba, 731 lulus adminstrasi, sekitar 420 lulus tes tulis, 270 lulus tes wawancara dengan total akhir 135 sebagai terpilih Panita PPK se-kabupaten Sumenep,” kata Dr. Rahbini dalam sambutannya.

Baca Juga :  CSR KEI Rp 3 Miliar Lebih Untuk 5 Program Utama

Menurutnya, Sumenep memang luar biasa. Pada pelantikan hari ini juga dilaksanakan daring di tiga Kecamatan wilayah kepulauan, yaitu Kangean, Arjasa, dan Sapeken.

“Kecamatan Nunggunong, Gayam dan Raas mampu melawati gelombang yang sangat dahsyat sehingga bisa hadir bersama pada pelantikan ini secara luring. Hanya ada satu anggota PPK Gayam tidak bisa hadir dikarenekan kendala lain,” tambahnya.

Baca Juga :  Berkunjung Ke Madura, Gubernur Jawa Timur Hadiri FKG UHT dan Salurkan Bantuan ini

“PPK yang terpilih dan dilantik hari ini, saya yakin kawan-kawan adalah yang terbaik di wilayah Kabupaten Sumenep di masing-masing kecamatan untuk ikut mensukseskan pemilu 2024,” katanya lagi.

Ia mengajak seluruh PPK yang dilantik benar-benar siap melaksanakan tugas yang harus dilakukan.

“Pleno ketua dan persiapan sekretariat di masing-masing kecamatan. Setelah dilantik maksimal 7×24 Jam untuk melakukan persiapan-persiapan dengan berkoordinasi dan berkorelasi dengan camat setempat, Panwaslu Kecamatan dan Panwaslu Desa,” tegasnya.

Ditambahkan, pelaksanaan Pemilu 2024 ini tidak bisa dilakukan KPU beserta bawahannya tanpa ada support dari stakeholder di kabupaten, kecamatan dan desa.

Baca Juga :  Ini Arti 'Si Busok', Maskot Pilkada Sumenep 2024

“KPU sebagai dengan tagline “KPU Melayani”, melayani siapa saja pada kepesertaan pemilu, baik partai politik maupun pemilih. Sehingga warga negara betul-betul terjamin,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Sumenep yang diwakilkan kepada Sekda Sumenep membacakan sambutan Bupati Sumenep, bahwa anggota PPK terpilih betul-betul menjalankan amanah setiap tahapan pada pemilu 2024 sesuai perundang-undangan.

“Saya berharap PPK harus memahami undang-undang pemilu dan dibekali mekanisme serta strategi pemilu, sosialisasi kepada masyarakat,” kata Sekda Sumenep Edy Rasyadi.

Pihaknya berharap PPK berpegang teguh pada prinsip mandiri dan profesional. “Koordinasi dan konsolidasi penyelenggaran pemilu yang demokratis,” pungkasnya. (Pur)

Dapatkan Berita Terupdate dari Lensa Madura di: