HCML Dukung SKK Migas Capai Target 2030

Senin, 27 November 2023 - 17:02 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

PASURUAN, lensamadura.com – Kontraktor Kontrak Kerja Sama Husky – CNOOC Madura Limited (HCML) menerima kunjungan SKK Migas bersama Media Nasional ke Gas Metering Station (GMS) HCML yang berlokasi di Pasuruan, Jawa Timur pada Senin, 27 November 2023.

VP Operations HCML, Perkasa Sinagabariang mengatakan dalam kunjungan tersebut bahwa 100% gas yang diproduksikan HCML digunakan untuk mendukung kebutuhan pupuk, listrik dan industri domestik. Hal ini, kata dia, sejalan dengan kebijakan SKK Migas dalam mengutamakan kebutuhan energi dalam negeri.

“Kami berharap melalui 3 lapangan yang ada saat ini dapat mendorong pertumbuhan berbagai industri di Jawa Timur dalam menyerap potensi suplai gas dari HCML. Seperti kita ketahui dalam beberapa waktu mendatang akan ada beberapa pengembangan industri di Jawa Timur,” kata Perkasa dalam kegiatan kunjungan SKK Migas dan Media Nasional ke lapangan GMS.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

HCML yang menjadi operator dari Wilayah Kerja (WK) Madura Strait, terus berkomitmen untuk tetap menjadi produsen gas terbesar di Jawa Timur khususnya dan Indonesia ke depannya.

Sebagai informasi, produksi puncak sales gas HCML saat ini sebesar 250 MMSCFD (juta standar kaki kubik per hari) dan merupakan yang terbesar di Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Baca Juga :  Perbasi Jatim Target Emas di Kejurnas

“Dari tiga lapangan HCML, yakni lapangan BD, 2M (MDA-MBH), dan MAC, KKKS HCML menjadi produsen gas terbesar, secara persentase produksinya mencapai 30% dari total produksi gas di wilayah Jawa Timur,” ujar Perkasa.

HCML saat ini memiliki 3 lapangan utama yang telah berproduksi, yaitu Lapangan BD, Lapangan 2M, dan Lapangan MAC. Produksi Lapangan BD didukung oleh 3 fasilitas utama yaitu Anjungan Sumur Lepas Pantai (offshore Wellhead Platform/WHP), Gas Metering Station (GMS) yang terletak di kota Pasuruan, dan fasilitas Produksi Terapung, Penyimpanan, dan Pembongkaran (Floating Production, Storage, and Offloading/FPSO).

Lapangan BD adalah satu-satunya lapangan HCML yang memiliki kandungan H2S dan juga condensate, sehingga membutuhkan pengolahan yang cukup kompleks. FPSO Karapan Armada Sterling III adalah satu-satunya anjungan terapung di Indonesia yang memiliki fasilitas Sulphur Recovery Unit.

Dari FPSO, sales gas yang sudah memenuhi spesifikasi akan di alirkan ke GMS melalui pipa gas bawah laut sepanjang kurang lebih 53 Km. Total kapasitas produksi dari lapangan ini sekitar 120 MMSCFD dan 8.000 BCPD (barel kondensat per hari). Berdasarkan data per 31 Oktober 2023, saat ini lapangan BD mengirimkan sales gas sebesar 110 MMSCFD dengan 6,000 barel kondensat per hari.

Baca Juga :  SKK Migas Jabanusa Gandeng KKKS Gelar Lokakarya Media III

Lapangan 2M (MBH dan MDA) memiliki konfigurasi dua fasilitas anjungan lepas pantai (Anjungan MBH dan MDA) dengan satu fasilitas produksi terapung (Floating Production Unit/FPU) dengan kapasitas produksi gas sebesar 127 MMSCFD dan kapasitas sales gas sebesar 120 MMSCFD.

Fasilitas FPU sendiri memiliki kapasitas produksi sebesar 175 MMSCFD dan diharapkan akan menampung gas dari pengembangan lapangan lainnya dikemudian hari (MDK dan MBF).

Lapangan 2M pertama kali berproduksi pada bulan Oktober 2022, setelah diselesaikannya pekerjaan fabrikasi dan konstruksi FPU di Tiongkok yang dimulai sejak Mei 2021 dan sailaway menuju Indonesia di akhir Agustus 2022.

Proses fabrikasi, konstruksi dan instalasi FPU Trunojoyo ini dilakukan di tengah-tengah pandemi Covid-19, dan menjadi contoh sukses penerapan Agile Project Management dengan memaksimalkan teknologi komunikasi dan digital terkini dalam melakukan pengendalian jarak jauh dari Jakarta atas pekerjaan fabrikasi dan konstruksi FPU.

Baca Juga :  BBI Resmi Launching Website Pojok Toleransi

Kemudian untuk lapangan MAC memiliki kapasitas produksi gas sebesar 54 MMSCFD dan kapasitas sales gas sebesar 50 MMSCFD. Lapangan MAC terdiri dari Wellhead Platform dan Mobile Offshore Production Unit (MOPU). MOPU Prameswari 8 memiliki keistimewaan tersendiri, karena menjadi MOPU pertama yang proses desain dan fabrikasinya dilakukan seluruhnya di Indonesia.

Di tempat yang sama Kepala Divisi Program dan Komunikasi SKK Migas, Hudi D Suryodipuro, menyampaikan bahawa dengan tiga lapangan yang telah berproduksi dan beberapa lapangan baru yang akan dikembangkan.

“Diharapkan tidak hanya akan membuat produksi HCML meningkat tetapi juga menjadi lebih terintegrasi untuk kegiatan produksi yang lebih masif”, katanya.

Untuk rencana kedepan, HCML saat ini tengah mengembangkan 2 (dua) lapangan baru yakni Lapangan MDK yang dijadwalkan onstream pada tahun 2026, dan Lapangan MBF pada tahun 2027.

“HCML akan terus berupaya untuk melakukan pengembangan lapangan-lapangan gas baru untuk memaksimalkan pemanfaatan gas bumi di Indonesia, hal ini juga dibarengi dengan tujuan untuk mendukung SKK Migas dalam pencapaian produksi gas sebesar 12 BSCFD (miliar standar kaki kubik per hari) pada tahun 2030,” pungkas Hudi. (r/red)

Berita Terkait

Gandeng RSUD dr Soetomo, KONI Jatim Berikan Pelayanan Kesehatan Atlet
PDIP Tanggapi Mahfud MD Mundur sebagai Menko Polhukam
11 KKKS SKK Migas Raih Penghargaan Proper Emas dari Kementerian LKH
Relawan KAMI Gibran Jatim Kutuk Tindakan Teror Terhadap Loyalis Prabowo-Gibran di Sumenep
Nabil Sebut KONI Jatim Award 2023 Kegiatan Luar Biasa
KONI Jatim Award 2023 Bakal Digelar Besok
Songsong PON 2024, KONI Laksanakan Puslatda Jatim 100
Investasi Hulu Migas 2023 Meningkat 13 Persen melampaui Rata-Rata Global
Berita ini 16 kali dibaca

Berita Terkait

Rabu, 21 Februari 2024 - 22:04 WIB

Gandeng RSUD dr Soetomo, KONI Jatim Berikan Pelayanan Kesehatan Atlet

Kamis, 1 Februari 2024 - 18:04 WIB

PDIP Tanggapi Mahfud MD Mundur sebagai Menko Polhukam

Selasa, 30 Januari 2024 - 22:34 WIB

11 KKKS SKK Migas Raih Penghargaan Proper Emas dari Kementerian LKH

Selasa, 30 Januari 2024 - 19:46 WIB

Relawan KAMI Gibran Jatim Kutuk Tindakan Teror Terhadap Loyalis Prabowo-Gibran di Sumenep

Jumat, 19 Januari 2024 - 21:00 WIB

Nabil Sebut KONI Jatim Award 2023 Kegiatan Luar Biasa

Rabu, 17 Januari 2024 - 21:00 WIB

KONI Jatim Award 2023 Bakal Digelar Besok

Sabtu, 13 Januari 2024 - 11:54 WIB

Songsong PON 2024, KONI Laksanakan Puslatda Jatim 100

Jumat, 12 Januari 2024 - 22:01 WIB

Investasi Hulu Migas 2023 Meningkat 13 Persen melampaui Rata-Rata Global

Berita Terbaru