15 Bisnis Online untuk Pelajar yang Bisa Menambah Penghasilan

Jumat, 2 Juni 2023 - 00:44 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Bisnis online (lensamadura.com/istimewa)

Bisnis online (lensamadura.com/istimewa)

Bisnis online di era sekarang sangat banyak sekali peluangnya, apalagi bisnis tersebut bisa menambah penghasilan untuk pelajar. Seperti yang kita ketahui bahwa perkembangan digitalisasi di jaman sekarang sangat berkembang pesat, jadi setiap pemecahan masalah kehidupan sehari-hari bisa di atasi dengan sistem digitalisasi, maka sangat disayangkan sekali jika para pelajar tidak mengambil peluang dalam bisnis online ini.

Untuk para pelajar yang ingin terjun di dunia bisnis online tentunya harus memahami kebutuhan mendasar untuk menunjang pekerjaan bisnis. Kamu harus mempunyai perangkat yang menunjang itu semua seperti mempunyai laptop atau Smart Phone yang mumpuni, dan tentunya koneksi internet untuk terhubung ke dunia maya, lalu bisnis apa saja yang bisa dikerjakan secara online untuk pelajar? berikut adalah ulasannya:

1. Bisnis Dropship di Marketplace/Media Sosial
Untuk poin pertama, bisnis dropship sangat menjanjikan, dengan bermodalkan smartphone/ laptop yang terkoneksi internet kamu bisa langsung menjalankan bisnis ini. Tugas kamu hanya memasang foto produk dengan menambahkan deskripsi yang menarik di marketplace/ media sosial dan membangun brand dengan berbasis kepercayaan dan kualitas produk. Setelah reputasi toko online-mu sudah naik dipastikan kamu sudah berada di jalan sukses, dan tentunya untuk mendapatkan suplier terpercaya kamu bisa meriset produk dengan melihat kualitas suplier yang kamu pilih. Kamu bisa mengeceknya di marketplace suplier tersebut dan media sosialnya, dan juga kamu bisa memperhatikan kekonsistenan suplier tersebut dalam menjaga jumlah stok.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

2. Menjadi Seorang Penulis Blogger
Menjadi seorang penulis blogger tentunya sangat menyenangkan jika kamu hobi menulis. Jika kamu konsisten dan selalu membuat tulisan yang menarik dibaca di blog kamu, maka secara otomatis pengunjung blog kamu akan bertambah dan kamu bisa mendapatkan penghasilan dari blog/website kamu. Adapun untuk sumber penghasilan di blog antara lain:

  • Membuat space iklan di website untuk disewa brand tertentu dengan harga yang disepakati.
  • Mendaftarkan blog/website kamu ke Google AdSense, intinya untuk diterima dalam program tersebut kamu harus mempunyai trafik pengunjung yang banyak di website kamu.
  • Berjualan produk yang sesuai dengan niche website kamu, dengan cara memasarkan produk yang sesuai dengan tema blog kamu, jadi tetap konsisten dalam membuat konten agar banyak trafik yang menyukai website kamu

3. Membuka Jasa Desain Grafis
Di jaman digitalisasi tentunya banyak start up/pengusaha berbasis online lahir, kamu bisa mengambil segmen ini untuk bisnis kamu jika kamu mempunyai keahlian yang mumpuni di bidang desain, entah desain logo, desain foto, desain produk dan desain lainnya yang dibutuhkan perusahaan tersebut. Biasanya job-job tersebut mudah ditemukan di internet dan setelah mendapatkan calon klien, kamu bisa bernegosiasi untuk harga pengerjaan projek tersebut.

Baca Juga :  Sejarah PayPal Lengkap

4. Mengajar Les Privat/Menjadi Guru Les
Di era sekarang mengajar les sangat dibutuhkan untuk menunjang kemampuan akademik siswa, apalagi sekarang sekolah dilaksanakan secara daring, maka prospek mengajar les secara privat sangat dibuthkan.Kkarena tidak semua murid bisa langsung menyesuaikan dan memahami materi yang disampaikan secara daring, maka dari itu guru les sangat berperan penting untuk mengarahkan siswa agar paham terhadap materi yang diberikan. Untuk mempromosikan jasa les privat, kamu bisa posting jasa les privat di forum jual beli atau kamu bisa posting di media sosial.

5. Menjadi Konten Kreator
Untuk menjadi seorang konten kreator dibutuhkan kekonsistenan, ketekunan yang berkesinambungan dan juga membuat konten yang menarik. Untuk kamu yang ingin menjadi konten kreator kamu bisa memilih platfrom media sosial, seperti menjadi youtuber, atau menjadi selebgram. Intinya kamu harus bisa menyajikan konten yang menarik untuk para netizen sehingga kamu disukai dan menjadi influencer, setelah kamu menjadi influencer kamu bisa mendapat tawaran iklan yang bisa menambah keuangan kamu.

6. Berdagang Pulsa, Token Listrik, Top Up Dompet Digital secara Online
Dalam berdagang pulsa, token listrik, dan top up dompet digital, kamu harus konsisten dan cermat dalam memanajemen keuangan, karena rata-rata pengambilan keuntungan yang sedikit atau bisa disebut hanya beberapa persen dari harga modal. Yang kamu harus persiapkan adalah mencari transaksi sebanyak-banyaknya untuk meningkatkan keuntungan secara signifikan, dengan mempromosikan usaha pulsa kamu tak lepas dari pemasaran online, seperti men-share harga dan jasa kamu di Facebook, Instagram, WhatsApp, dan lain sebagainya. Jangan lupa tambahkan testimoni agar usaha pulsa kamu ebih dipercaya oleh calon pembeli.

7. Membuka Jasa Fotografi Secara Online
Membuka jasa fotografi masih memiliki peluang yang besar, karena tidak dapat dipungkiri perusahaan-perusahaan tertentu butuh visualisasi foto yang mereka inginkan. Selain perusahaan kamu juga bisa membuka jasa fotografi untuk pernikahan, karena angka pernikahan di Indonesia masih tinggi dan biasanya calon pengantin membutuhkan dokumentasi untuk mengabadikan momen pernikahan mereka. Kamu bisa pasarkan jasa fotografi kamu via media sosial ataupun kamu bisa membangun website dan jangan lupa untuk memperbanyak portofolio dan testimoni klien kamu, agar jasa kamu semakin terpercaya.

8. Membuka Jasa Arranger / Editing Musik
Dunia musik di tanah air kini berkembang pesat, kini sebagian orang bisa memproduksi karya musik hanya bermodalkan laptop, mic condensor/dynamic, soundcard . Peralatan penunjang recording musik berbeda dengan jaman dulu yang hanya orang-orang tertentu saja yang dapat membuat musik. Nah, dengan banyaknya orang-orang mengcover dan yang ingin memproduksi musik, jika kamu memiliki keahlian dalam arranger / editing musik kamu bisa memanfaatkan peluang ini untuk membuka jasa arranger musik agar para musisi musik bisa menyerahkan pekerjaannya ke kamu. Sebagai langkah awal kamu bisa membuat portofolio hasil kerja kamu dan mempublishnya di media online seperti website, media sosial seperti Facebook, Instagram maupun media online lainnya.

Baca Juga :  Ingin Glowingmu Awet, Ayo Datang Ke Rumah Cosmetic Mam Agung Legung Timur Batang-Batang

9. Membuka Jasa Penulisan Artikel
Jika kamu sudah mahir untuk menulis artikel, kamu bisa membuka jasa penulisan artikel secara online, biasanya kamu bisa mematok harga tergantung kata yang dibuat di artikel tersebut, bisa 400, 500, 1000, bahkan 2000 kata untuk menulis artikel. Jasa penulisan artikel ini biasanya dibutuhkan perusahaan untuk mengulas tentang produk mereka, atau membuat artikel untuk engagement untuk ajang promosi. Dari tahun ke tahun jasa pembuatan artikel ini semakin dibutuhkan karena tidak dapat dipungkiri bahwa kebutuhan digital konten artikel sangat dibutuhkan.

10. Membuat Jasa Penerjemah
Jika kamu mempunyai keahlian di bidang bahasa asing, kamu bisa membuka jasa penerjemah, karena untuk pekerjaan jasa penerjemah masih sangat prospektif di Indonesia. Apalagi kamu sudah menjadi penerjemah tersumpah, yang dimana kamu bisa mentranslate dokumen-dokumen penting seperti ijazah, akte lahir, nilah raport dan sebagainya. Biasanya jasa ini dicari oleh pelamar beasiswa untuk menerjemahkan berkas-berkas persyaratan yang diajukan oleh pihak penyelenggara beasiswa, terutama untuk beasiswa luar negeri.

11. Membuka Jasa Titip
Jika kamu suka traveling kenapa tidak coba jasa titip ini? Biasanya jasa titip ini dibutuhkan jika ada suatu barang yang bersifat limited atau hanya tersedia di daerah atau negara tertentu. Kamu bisa tarifkan jasa ini biasanya hitungannya per produk, atau kamu bisa posting list barang yang ingin dijadikan jasa titip. Manfaatkan peluang ini untuk menambah penghasilan, sambil kamu jalan-jalan kamu bisa mendapatkan uang dari hasil jasa titip itu.

12. Membuat Produk Makanan dan Minuman Yang Dipasarkan Secara Online
Membuat produk makanan seperti menu catering, kudapan, atau minuman kini bisa dipasarkan secara online, karena kini banyak mitra pengantaran yang bisa kamu ajak kerjasama untuk dipasarkan secara online seperti grab food, atau go food. Kamu hanya membutuhkan menu masakan yang sudah jadi selanjutnya kamu foto untuk dipasarkan secara online. Banyak yang sukses memasarkan produk makanan dengan cara ini, karena ini merupakan era digital dimana calon pelanggan lebih instan jika memesan dengan gofood atau grab food. Jadi persiapkan produk makanan kamu secara matang, baik dari segi tampilan maupun dari segi rasa agar para pemesan dapat mengorder ulang di toko kamu.

Baca Juga :  Uang Kertas Baru Resmi Diluncurkan, Berikut Syarat dan Tata Cara Menukarnya dengan Uang Lama

13. Bug Hunter Website/Aplikasi
Jasa bug hunter ini dibutuhkan untuk mencari kelemahan di dalam website atau aplikasi, seperti mencari kesalahan tampilan, mengidentifikasi keamanan, atau mencari resiko kelemahan di dalam website atau aplikasi tersebut. Terkadang bug itu sering ditemukan oleh pengguna langsung (end eser). Maka dari itu jika kamu ahli di bidang ini, coba tawarkan jasamu ke para perusahaan yang berbasib web atau aplikasi, kemudian analisis risiko dan kelemahannya lalu sampaikan terhadap klien kamu, lalu jangan lupa pasang harga yang pantas dan negosiasikan terhadap klien.

14. Jasa Wedding Organizer
Tidak dapat dipungkiri kehadiran wedding Organizer sangat dibutuhkan untuk perencanaan pesta pernikahan. Jika kamu memiliki keahlian untuk memimpin dan mengorganisasi yang cakap, kamu bisa membuat jasa ini. Tipsnya kamu bisa mencari wardrobe atau tenant yang bisa diajak kerjasama, lalu kalkulasikan semua biaya utama dan kalkulasi keuntungannya. Jangan lupa untuk membuat unik dari jasa wedding organizer kamu, karena kamu tidak hanya berfokus menyediakan peralatan pesta pernikahan tetapi juga kamu menjual konsep yang unik untuk pernikahan menjadi mengesankan. Bangun website dan buat konten di media sosial secara berkala, jangan lupa kumpulkan testimoni dari klien untuk menambah kepercayaan calon klien.

15. Jasa Home Band Acara
Jika kamu memiliki bakat di dunia musik dan kebetulan kamu mempunyai band yang kompak, kamu bisa membuka jasa home band. Karena di setiap pesta baik itu pesta pernikahan, acara formal, atau acara lainnya membutuhkan hiburan. Salah satunya hiburan musik. karena peluang usaha jasa home band ini menjadi primadona di kalangan musisi. Jadi siapkan portofolio ketika kalian manggung untuk mengisi acara ataupun tunjukan musik hasil karya original lalu upload di Youtube, instagram, soundcloud, Facebook agar calon klien kalian lebih percaya lagi kemampuan bermusik kalian untuk menghibur.

Itulah 15 bisnis online untuk pelajar yang bisa menambah pundi-pundi penghasilan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu yang sedang mencari penghasilan tambahan. Jjangan lupa terus asah kemampuan dan hobi kalian agar di masa depan kamu bisa sukses dengan apa yang kamu sukai. Salam sukses dan semangat menggapai asa. Jangan lupa perbanyak relasi dan berdoa. (kk/red)

Editor : Sudirman

Sumber Berita : Kuy Kampus

Berita Terkait

CRM: The Future of Customer-Centric Businesses
Asuransi Kucing Domestik
DKPP Sumenep kembali Panen Pisang Jenis Cavendish Di pulau Gili Iyang
Siapa Nama-Nama Pahlawan yang Ada di Uang Kertas Baru 2022?
Uang Kertas Baru Resmi Diluncurkan, Berikut Syarat dan Tata Cara Menukarnya dengan Uang Lama
Yuk Rebut! Golkar Young Entrepreneur Siapkan Modal Usaha Total Rp 500 Juta Bagi Pengusaha Pemula di Madura
Sejarah PayPal Lengkap
Dukung Pelaku UMKM Lokal, Tokopedia dan Pemprov Jatim Lakukan Kolaborasi
Berita ini 18 kali dibaca

Berita Terkait

Senin, 4 Maret 2024 - 01:31 WIB

CRM: The Future of Customer-Centric Businesses

Jumat, 2 Juni 2023 - 00:44 WIB

15 Bisnis Online untuk Pelajar yang Bisa Menambah Penghasilan

Sabtu, 17 Desember 2022 - 22:17 WIB

Asuransi Kucing Domestik

Rabu, 19 Oktober 2022 - 17:22 WIB

DKPP Sumenep kembali Panen Pisang Jenis Cavendish Di pulau Gili Iyang

Kamis, 25 Agustus 2022 - 00:45 WIB

Siapa Nama-Nama Pahlawan yang Ada di Uang Kertas Baru 2022?

Jumat, 19 Agustus 2022 - 16:36 WIB

Uang Kertas Baru Resmi Diluncurkan, Berikut Syarat dan Tata Cara Menukarnya dengan Uang Lama

Rabu, 17 Agustus 2022 - 22:30 WIB

Yuk Rebut! Golkar Young Entrepreneur Siapkan Modal Usaha Total Rp 500 Juta Bagi Pengusaha Pemula di Madura

Minggu, 31 Juli 2022 - 01:11 WIB

Sejarah PayPal Lengkap

Berita Terbaru

Salah satu anggota SMSI Sumenep saat memberikan takjil kepada masyarakat (lensamadura.com/istimewa)

Berita

Menjelang Buka Puasa, SMSI Sumenep Berbagi Takjil

Rabu, 27 Mar 2024 - 18:43 WIB