by

Semarak Pelaksanaan Gebyar Porprov VII Jatim 2022

JEMBER, lensamadura.com – Gebyar dalam rangka menyemarakan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VII/2022 Jawa Timur mulai tampak. Salah satunya adanya gelaran ‘Super Road Bike’ dengan start di Jember dan finish di Lumajang. Ribuan pembalap dan pehobi sepeda antusias untuk menempuh jarak 68 km, Sabtu 18 Juni 2022 pagi.

Para pembalap dan penghobi sepeda tersebut dilepas dari Pendopo Kabupaten Jember oleh Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa. Mereka lantas menuju pit stop di Kecamatan Tanggul Jember dan finish di Pendopo Kabupaten Lumajang.

Bupati Jember Hendy Siswanto menyatakan, gebyar Porprov menjadi kesempatan baik bagi masyarakat. Apalagi pandemi COVID-19 telah melandai. “Ini (Porprov) belum resmi mulai. Baru gebyar, tapi sudah terasa luar biasa,” katanya dikutip dari situs resmi KONI Jawa Timur.

Antusiame juga terlihat dari partisipasi masyarakat setempat. Di mana terlihat ratusan tenda UMKM untuk meningkatkan perekonomian warga setempat. Sehingga, kegiatan tersebut tidak hanya sekadar promo perhelatan Porprov saja.

“Ini yang paling penting. Kolaborasi ini tepat. Di mana olahraga dapat, hiburan dapat, ekonomi tetap jalan. Ini barokah untuk kita semua,” tambah Hendy.

Sementara itu, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan, multieven olahraga dua tahunan di bumi jer basuki mawa bea ini merupakan upaya awal pembinaan atlet potensial. Perhelatan Porprov tersebut, kata Khofifah, menjadi wadah monitoring prestasi atlet dari berbagai cabang olahraga.

“Karena talenta atlet Jawa Timur luar biasa. Kami ingin pembibitan atlet bisa lebih awal terdeteksi. Sehingga proses pembinaan, pelatihan bisa lebih terukur lagi,” jelasnya.

Selain itu, Khofifah juga memuji antusiasme UMKM di Jember. Dia mengaku terkejut ada produk-produk Jember yang telah menembus pasar luar negeri. Karena itu, dia berharap dengan banyaknya kontingen yang datang ke Porprov dapat membangkitkan perekonomian Jember.

“Porprov ini harus seiring dengan pertumbuhan ekonomi daerah dimana diselenggarakan. UMKM menjadi basis upaya untuk bisa mendongkrak pertumbuhan ekonomi di masing-masing daerah. Dan, saya terkejut karena ada produk-produk yang sudah di ekspor ke Australia,” sebut Khofifah.

“Potensi ini harus dimaksimalkan. Apalagi di Jember ada 18 cabang olahraga. Kira-kira bisa ada 15 ribu tamu (datang) di Jember. Kita berharap akan ada bangunan persaudaraan yang makin solid diantara warga Jatim,” tandasnya.

Di sisi lain, Ketua Umum KONI Jawa Timur M. Nabil begitu takjub dengan rangkaian gebyar menyambut Porprov VII/2022. Baginya, kegiatan ini juga dapat membangkitkan perekonomian Jawa Timur.

“Ibu gubernur sudah memberikan inspirasi, tidak sekadar diskusi tapi langsung eksekusi kegiatan ini. Saya rasa cukup mengena dan semarak. Dimana akan berlanjut selama Porprov dan diharapkan seterusnya,” ungkapnya. (*)

Sumber: konijawatimur.com

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.