Pengertian Administrasi Pendidikan Menurut Para Tokoh

Jumat, 11 Maret 2022 - 23:50 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Lensa MaduraAdministrasi pendidikan terdiri dari dua kata “administrasi” dan “pendidikan”. Kata administrasi menurut William Moris yang penulis kutib dari buku administrasi pendidikan karangan Prof. Dr. H. Asnawir berasal dari bahasa latin yang terdiri dari “ad” dan “ministrare”, kata “ad” artinya sama dengan kata “to” dalam bahasa Inggris yang berarti ke atau kepada, sedangkan kata “ministrare” yang dalam bahasa Inggris adalah “serve” yang berarti melayani, membantu atau mengarahkan.

Dengan demikian dapat dipahami bahwa administrasi adalah kegiatan yang memberikan pelayanan, bantuan dan pengarahan kepada sesuatu untuk mencapai suatu tujuan.

Pengertian Administrasi Pendidikan Menurut Para Tokoh

Berikut ini adalah pendapat para ahli yang mengemukakan pengertian administrasi:

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

a. Menurut Sondang P. Siagian mengatakan administrasi adalah keseluruhan proses pelaksanaan daripada keputusan yang telah diambil dan pelaksanaan itu pada umumnya dilakukan oleh dua orang manusia atau lebih untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.

Baca Juga :  Fungsi Media Pembelajaran Menurut Livie dan Lentz

b. Ars. The Liang Gie mengatakan bahwa administrasi adalah segenap rangkaian kegiatan penataan terhadap pekerjaan pokok yang dilaksanakan oleh sekelompok orang dalam bekerja sama untuk mencapai tujuan tertentu.

c. Drs. Soehari Trisna, dalam seggi-segi Administrasi Sekolah mengatakan administrasi adalah keseliruhan proses penyelenggaraan dalam usaha kerja sama dua orang atau lebih dengan secara rasional untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya secara efesien.

d. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI, dalam Pedoman Pelaksanaan Kurikulum, buku III D. Dikatakan bahwa administrasi adalah usaha bersama untuk mendayagunakan semua sumber (personel maupun material) secara efektif dan efesien guna untuk menunjang tercapainya tujuan pendidikan.

e. Menurut Drs. M. Ngalim Parwanto, administrasi pendidikan adalah segenap proses pengarahan dan pengintegrasian segala sesuatu baik personel, spiritual dan material yang bersangkut-paut dengan pencapaian tujuan pendidikan.

f. Dapertemen pendidikan dan kebudayaan RI dikatakan bahwa administrasi pendidikan adalah suatu proses keseluruhan, kegiatan bersama dalam bidang pendidikan yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengkoornasian, pengawasan, pembiayaan, dan pelaporan dengan menggunakan atau memanfaatkan fasilitas yang tersedia, baik personel, material, maupun spiritual untuk mencapai tujuan pendidikan secara efektif dan efesien.

Baca Juga :  Tips Skripsi! Kalimat Pembuka Dalam Sidang Skripsi Yang Pasti Dapat A Dari Dosen Penguji

g. Hadari Nawawi menjelaskan bahwa administrasi pendidikan adalah rangkaian kegiatan atau seluruh proses pengendalian usaha kerjasama sejumlah orang untuk mencapai tujuan pendidikan secara berencana dan sistematis yang diselenggarakan di lingkungan tertentu, terutama berupa lembaga pendidikan.

h. Engkoswa mengatakan bahwa administrasi pendidikan adalah ilmu yang mempelajari penataan sumber daya untuk mencapai tujuan pendidikan.

Baca Juga: Tujuan dan Manfaat Administrasi Pendidikan

Dari bebarapa pengertian yang telah dikemukakan oleh para ahli di atas, maka dapat dipahami bahwa administrasi adalah semua kegiatan yang dilakukan secara bersama-sama untuk mewujudkan tujuan yang telah ditetapkan. Berdasarkan pengertian-pengertian yang telah dikemukakan oleh para ahli di atas, maka dapat dipahami bahwa administrasi pendidikan adalah tindakan mengkoornisasikan perilaku manusia dalam pendidikan, agar sumber daya yang ada dapat ditata sebaik mungkin, sehingga tujuan pendidikan dapat tercapai secara produktif.

Baca Juga :  KKN IST Annuqayah Gelar FGD, Sosialisasi Bahaya Narkoba dan Radikalisme

Kegiatan administrasi itu dilaksanakan dalam setiap kelompok kerjasama sejumlah manusia dalam berbagai bidang kehidupan termasuk di dalamnya bidang pendidikan, oleh karena itu, administrasi pendidikan adalah merupakan aplikasi ilmu administrasi dalam kegiatan pembinaan, pengembangan dan pengendalian usaha-usaha pendidikan yang diselenggarakan dalam bentuk kerjasama sejumlah orang dengan menggunakan segala sarana dan prasarana yang tersedia baik moral maupun material dan spiritual agar tercapainya tujuan pendidikan secara efektif dan efesien.

Kegiatan administrasi juga merupakan usaha pengendalian rangkaian kegiatan kependidikan yang terarah pada pencapaian tujuan pendidikan yang hendak dicapai oleh kelompok kerjasama yang menyelenggarakan usaha kependidikan.

Dengan demikian administrasi pendidikan bukanlah kegiatan kependidikan, akan tetapi adalah kegiatan pengendalian rangkaian kegiatan kependidikan agar berlangsung secara efektif dan efesien dalam mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya.

Daftar Rujukan :

Asnawir, Administrasi Pendidikan, (Padang: IAIN IB Press, 2005)
Hadari Nawawi, Administrasi Pendidikan, (Jakarta: Gunung Agung, 1997)

Berita Terkait

Alasan Memilih Jurusan Teknik Informatika, Salah Satunya Banyak Dicari Perusahaan
10 Alasan Memilih Jurusan Ilmu Komunikasi, Salah Satunya Prospek Kerja Menjanjikan
Wajib Tahu, Alasan Memilih Jurusan Teknik Sipil
Bagi yang Bingung, Ini 10 Alasan Memilih Jurusan Kedokteran
Ketahui Alasan Memilih Jurusan Hukum
Alasan Memilih Jurusan Teknik Informatika bagi yang Bingung Kuliah
Perbedaan Universitas, Institut, Sekolah Tinggi, Akademi dan Politeknik
Tips Memilih Universitas atau Kampus setelah Lulus SMA dan SMK
Berita ini 16 kali dibaca

Berita Terkait

Senin, 26 Juni 2023 - 22:32 WIB

Alasan Memilih Jurusan Teknik Informatika, Salah Satunya Banyak Dicari Perusahaan

Senin, 26 Juni 2023 - 17:00 WIB

10 Alasan Memilih Jurusan Ilmu Komunikasi, Salah Satunya Prospek Kerja Menjanjikan

Senin, 26 Juni 2023 - 12:00 WIB

Wajib Tahu, Alasan Memilih Jurusan Teknik Sipil

Senin, 26 Juni 2023 - 07:00 WIB

Bagi yang Bingung, Ini 10 Alasan Memilih Jurusan Kedokteran

Minggu, 25 Juni 2023 - 23:16 WIB

Ketahui Alasan Memilih Jurusan Hukum

Jumat, 2 Juni 2023 - 17:00 WIB

Alasan Memilih Jurusan Teknik Informatika bagi yang Bingung Kuliah

Jumat, 2 Juni 2023 - 11:30 WIB

Perbedaan Universitas, Institut, Sekolah Tinggi, Akademi dan Politeknik

Jumat, 2 Juni 2023 - 07:00 WIB

Tips Memilih Universitas atau Kampus setelah Lulus SMA dan SMK

Berita Terbaru

Kepala DLH Sumenep Arif Susanto (lensamadura.com/istimewa)

Berita

DLH Sumenep Bakal Sediakan Bank Sampah di Setiap Desa

Rabu, 24 Apr 2024 - 21:37 WIB