by

[Lengkap] Pengertian Ebook, Fungsi Ebook, Kelebihan dan Kekurangan Ebook

Lensamadura.com – Kali ini kami akan membahas tentang Pengertian E-book, Fungsi E-book, Fromat E-book, Kelebihan dan Kekurangan E-book.

Apakah Anda sudah mengenal atau pernah mendengar istilah E-BOOK? Berikut penjelasan lengkap tentang e-book. Simak pembahasannya di bawah ini:

Pengertian E-BOOK

 

E-book adalah buku digital atau elektronik yang sering berisi informasi atau pedoman atau tutorial. Buku elektronik ini hanya dapat dibuka dan dibaca di perangkat elektronik seperti komputer, tablet, dan smartphone.

E-book atau elektronik book adalah buku yang berbentuk digital atau elektronik yang biasanya berisi informasi atau panduan belajar.

Pengertian E-Books Menurut Para Ahli

 

1. Whalts.com

E-book adalah versi elektronik dari buku cetak tradisional yang dapat dibaca menggunakan komputer pribadi atau menggunakan browser e-book.

2. Oxford Dictionaries

E-book adalah versi elektronik dari buku cetak yang dapat dibaca dari komputer atau perangkat genggam yang dirancang khusus untuk tujuan ini.

3. Wikipedia

Buku elektronik adalah buku teks digital, yang berisi teks, gambar, atau keduanya, yang dapat dibaca di komputer datar atau perangkat elektronik lainnya. Meskipun kadang-kadang digambarkan sebagai “terjemahan elektronik dari buku cetak”, beberapa email dibuat tanpa versi cetak.

Tujuan E-Book

 

  • Itu membuat proses belajar lebih mudah
  • Hal ini memungkinkan guru untuk memberikan tugas
  • Memudahkan belajar grup online untuk siswa
  • Guru dapat memberikan informasi bahkan ketika guru sedang bekerja di luar
  • Anda dapat melakukan tes online dengan mudah

Fungsi e-book

 

  • Sebagai alat belajar
  • Seperti halnya media pembelajaran
  • Sebagai alat bisnis

Kelebihan E-book

 

Ringkas: Buku elektronik atau buku digital terbukti lebih ringkas dari buku cetak. Pengguna smartphone dan perangkat seluler lainnya dapat membuka ebook kapan saja dan di mana saja

Lebih tahan lama: Karena bersifat digital, ternyata buku e-book lebih awet dan tidak rapuh seperti buku cetak.

Biaya rendah: Proses pembuatan e-book sangat sederhana dan murah sehingga harganya biasanya lebih murah daripada buku cetak

Ramah lingkungan: Buku elektronik tidak memerlukan tinta dan kertas sehingga lebih ramah lingkungan daripada buku cetak yang terbuat dari kertas dan tinta.

Kekurangan E-Book

 

Tidak Dapat Dipegang: Faktanya, kebanyakan orang lebih suka dengan yang ringkas. Namun, beberapa orang lebih suka membaca buku daripada bermain gadget, dan ini tidak dapat disediakan oleh e-Book

Ukuran Huruf Kecil: Secara umum, kebanyakan e-book biasanya lebih kecil daripada di buku cetak, terutama jika Anda membukanya di ponsel Anda.

Membuat Mata Lelah: Saat Anda membaca e-book, cahaya dari ponsel atau perangkat genggam lainnya akan dengan cepat mengiritasi mata Anda. Penggunaan dalam waktu lama dapat menyebabkan kerusakan mata, misalnya mata jadi minus.

Format E-Book

 

1. Teks Polos

Teks polos merupakan format yang sangat sederhana yang dapat dilihat di hampir semua perangkat lunak menggunakan komputer pribadi. Untuk beberapa perangkat seluler diakses menggunakan software dengan menginstallnya terlebih dahulu.

2. PDF (Portabel Document Format)

PDF dibuat oleh Adobe untuk produk Acrobat mereka. Format ini secara tidak langsung digunakan untuk pertukaran dokumen.

Dukungan perangkat lunak dengan cara ini mencakup semua bentuk komputer dan perangkat genggam seperti smartphone, tablet, dan lainnya.

Beberapa perangkat memiliki masalah dengan PDF karena sebagian besar konten akan muncul dalam format A4 atau surat, yang keduanya tidak mudah dibaca saat diunduh ke layar kecil.

Beberapa pembaca e-book dapat mengatur ulang tampilan komponen dokumen PDF, seperti Sony PRS505, untuk mengakomodasi layar yang lebih kecil.

3. JPEG

Format JPEG jauh lebih besar daripada teks yang dikandungnya, sehingga metode ini sering digunakan tidak hanya untuk buku teks elektronik, tetapi juga untuk bentuk komik atau mangan yang sebagian besar dikendalikan oleh gambar.

4. LIT

Format LIT adalah salah satu format Microsoft Reader yang mengintegrasikan teks dalam buku elektronik sesuai dengan lebar perangkat seluler yang digunakan untuk membacanya. Fitur ini memiliki keunggulan yaitu struktur karakternya nyaman untuk dibaca.

5. Docx

Format docx merupakan salah satu jenis format dari Microsoft Word yang sekarang sudah banyak tersedia dan tersebar luas secara online, cara ini banyak digunakan karena banyaknya pengguna Microsoft Word dan produksi file yang sangat kecil, serta masih banyak lagi yang lainnya. atau karakter yang berbeda membuatnya lebih populer.

6. HTML

Dengan format HTML ini gambar dan teks dapat diakomodasi. Format teks dan gambar dapat diedit, tetapi hasil di layar terkadang tidak dapat diedit setelah dicetak.

7. AZW (Amazon World)

Struktur AZW mirip dengan MOBI, terkadang menyertakan Digital Rights Management “DRM”, DRM dalam format ini berkaitan dengan produk “Kindle Amazon” Amazon.

8. EPUB (Elektronic Publication)

Format terbuka ditentukan oleh Forum Open Digital Book dari International Digital Publishing Forum “IDPF”. EPUB berisi referensi XHTML dan XML standar. Yang merupakan tren yang sedang berlangsung.

Referensi EPUB dapat ditemukan di IDPF, Adobe, Barnes & Noble, dan situs web Apple, yang memiliki DRM sendiri.

Format ini tidak kompatibel, saat ini ada versi baru yaitu ePub 3, tetapi penggunaannya belum meluas.

9. KF8 (Format Kindle Fire dari Amazon)

Ini didasarkan pada kode ePub yang dikembangkan dalam paket Palm File Database (PDB) dengan paket Amazon Digital Rights (DRM).

10. MOBI (Format MobiPocket)

Digunakan menggunakan perangkat lunak. MobiPocket tersedia untuk semua PDA dan smartphone. Alat MobiPocket pada PC Windows dapat mengonversi file Chm, doc, Html, OCF, Pdf, RTF, dan Txt ke format ini, Kindle juga dapat menampilkan format ini.

11. PDB (Palm File Databse )

Ini dapat mencakup berbagai format e-book yang berbeda, yang ditampilkan di perangkat berbasis sistem operasi palm. Biasanya digunakan untuk buku elektronik dalam format PalmDOC (AportisDOC) dan format eReader juga.

12. RRC (Palm Resource File)

Biasanya menyertakan browser MobiPocket tetapi terkadang menyertakan browser eReader atau AportisDOC.

13. CHM (Compressed HTML)

Sering digunakan untuk file bantuan Windows, ini telah menjadi sangat populer untuk distribusi teks dan alat dukungan web lainnya.

14. XHTML

Format HTML unik dirancang agar sesuai dengan aturan arsitektur XML, ini adalah jenis data ePub yang umum.

15. XML

Tujuan markup language untuk menukarkan data, dalam konteks buku digital pada umumnya, terbatas pada pemberian XHTML dan RSS meskipun jenis lain ditentukan.

16. Open Elektronic Book Package

Fitur ini paling populer dengan OPF FlipBook. OPF adalah jenis e-book berbasis XML yang dibuat oleh sistem buku elektronik.

Buku elektronik dalam format ini dikenal sebagai FlipBooks yang menampilkan buku dalam format 3D dan bisa dibuka secara berulang-ulang.

Demikian penjelasan  paling lengkap dari E-BOOK. Mulai dari Pengertian, Fungsi, Tujuan, Struktur, Kelelbihan serta Kelemahannya. Semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan Anda. (R)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.