Cara Investasi Tanah Virtual di Metaverse

Teknologi132 Views

Lensa Madura – Investasi tanah virtual di metaverse menjadi tren dan topik hangat di kalangan pengguna teknologi dunia. Investasi tersebut bisa dilakukan dengan cara membeli tanah virtual di metaverse.

Di dalam dunia virtual ini, Anda memiliki sebuah avatar yang bisa dikendalikan. Tidak hanya sebatas permainan game belaka. Tetapi Anda bisa bekerja, berkumpul dengan teman, hingga berbelanja. Termasuk membeli tanah.

Nah, untuk melakukan pembelian tanah virtual di metaverse bisa menggunakan koin digital yang ditukarkan dengan uang di dunia nyata. Pembelian dapat dilakukan melalui marketplace resmi, seperti Decentraland.

Pengertian Decentraland

Decentraland adalah komunitas virtual yang berdiri di atas teknologi Blockchain Ethereum. Di Decentraland, pengguna bisa melakukan banyak hal. Seperti bermain game, berinteraksi dengan pengguna lain, membeli barang dalam bentuk NFT, dan melakukan jualbeli tanah.

Ada dua jenis token yang bisa digunakan di Decentraland, yaitu LAND dan MANA. LAND merupakan non-fungible token (NFT) berupa kepemilikan tanah. Sedangkan MANA merupakan mata uang kripto yang digunakan untuk pembayaran berbagai barang virtual, layanan, dan LAND.

Cara Beli Tanah Virtual di Decentraland

Decentraland begitu banyak peminatnya, karena dunia ini memiliki kemampuan untuk melakukan jual-beli tanah virtual. Caranya mudah dan sederhana tidak seperti membeli tanah di dunia nyata. Berikut kami rangkum cara membeli tanah virtual di Decentraland.

Baca Juga: Cara Daftar dan Membuat Akun di Decentraland

1. Masuk ke Decentraland Marketplace

Pertama, Anda bisa membuka halaman website marketplace.decentraland.org. Sebelum melakukan transaksi, pastikan Anda sudah membuat akun terlebih dahulu menggunakan wallet Metamask. Selanjutnya, klik menu “Parcels and Estates”, lalu klik “View All”.

2. Cari Tanah Yang Ingin Dibeli

Di dalam Marketplace tersebut Anda akan melihat berbagai tanah virtual yang bisa dibeli. Cari dan temukan lokasi tanah yang cocok. Jika sudah memilih tanah virtual yang Anda minati, klik pilihan Anda untuk melihat informasi tambahan. Setelah itu, klik Buy untuk lanjut ke pembayaran dan konfirmasi melalui wallet Metamask.

3. Proses Transaksi

Setelah masuk halaman pembayaran, Anda harus menghubungkan dompet digital dengan akun Decentraland agar pembayaran bisa dilakukan. Tanah virtual yang sudah dibayar akan dikirimkan ke dompet digital Anda dalam bentuk NFT.

Adapun dompet digital yang bisa dihubungkan dengan Decentraland adalah MetaMask, Trust Wallet, dan lain sebagainya. Dan jangan lupa, Anda juga harus memiliki MANA atau ETH untuk bisa menyelesaikan transaksi.

4. Konfirmasi

Untuk user yang menggunakan Trust Wallet, bisa melakukan konfirmasi dengan membuat menu Collectibles. Sedangkan bagi yang menggunakan MetaMask bisa melihat tanah virtual pada menu NFTs.

Pastikan saldo Anda mencukupi untuk membeli tanah virtual. Ketika Lensa Madura mengisi saldo, 1 Ethereum MANA nilainya setara Rp 40.185,54, sedangkan Polygon MANA nilainya setara Rp 40.800,62. Jadi tinggal disesuaikan jumlah yang dibutuhkan.

5. Kesimpulan

Demikian cara investasi tanah virtual di metaverse. Apakah Anda tertarik untuk membeli tanah di metaverse? Pikirkan dari sekarang sebelum Anda ketinggalan jaman.

 

(Rifqi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *