by

Disdikbud Pamekasan Gelar Bimtek KTI Untuk Guru SD dan SMP

PAMEKASAN, Lensa Madura – Dalam rangka meningkatkan kompetensi guru dalam dunia literasi, khususnya dalam bidang karya tulis, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Pamekasan mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI) tahun 2021 bagi Guru Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) se- Kabupaten Pamekasan.

Kegiatan tersebut dimulai sejak 01 November 2021 s/d 24 November 2021, bertempat di gedung PKG Kecamatan Pamekasan. Target sasaran peserta kegiatan Bimtek  KTI tersebut adalah guru-guru muda yang masih fresh, PNS angkatan tahun 2019.

Dalam pelaksanaanya, kegiatan itu diikuti oleh 50 guru, dengan rincian 39 guru SD dan 11 guru SMP. Guru-guru tersebut merupakan delegasi dari seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Pamekasan.

Hadir sebagai pemateri dan pendamping yakni Dr. Dwi Ilham Rahardjo, M.Pd., Widyaiswara LPMP Jawa Timur, dan fokus pembahasan KTI jenis PTK.

Kabid Penilaian Ketenagaan Kependidikan Disdikbud Pamekasan, Halidi, S.Sos,  menyampaikan, kegiatan itu diadakan berdasar keprihatinan dirinya terhadap  rendahnya KTI yang dihasilkan oleh para guru.

“Saya berharap kalian (peserta, Red), bisa mengubah image sebelumnya, di mana masih ada yang menulis PTK dengan  memakai tangan orang lain,” harapnya pada acara penutupan.

Pihaknya juga berharap, peserta yang sudah ikut Bimtek KTI 2021 ini nantinya materi yang sudah didapat bisa diimbaskan kepada rekan guru lain.

“Dengan membimbing dan melatih untuk bisa membuat PTK juga,” katanya.

Halidi juga menambahkan, bahwa kegiatan seperti itu akan diadakan lagi tahun depan, baik dengan konsep sama atau berbeda.

“Tapi, tentu bukan kalian lagi pesertanya,” ungkapnya disambut tepuk tangan peserta.

Dirinya juga berterimakasih kepada pemateri dan peserta, tidak lupa juga meminta kritik dan saran pada peserta demi perbaikan acara seperti ini mendatang.

Untuk diketatahui, rincian kegiatan selama 24 hari itu yaitu 7 hari pertemuan tatap muka (dibagi 2 tahap), dan 1 hari Studi Literasi Ke Perpustakaan Universitas Negeri Malang. Sisanya praktek dan penyusunan laporan PTK di sekolah masing-masing. (Dasuki)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed