Cara Efektif Menggunakan Produk Bekas dalam Bisnis

Minggu, 8 Agustus 2021 - 16:34 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Foto ilustrasi: Pixabay.com

Lensamadura.com – Semakin banyak bisnis yang tertarik untuk menghemat uang.
Karena masa-masa yang penuh tantangan dan tidak pasti ini, banyak perusahaan terpaksa memangkas biaya dan menilai kembali anggaran mereka. Bahkan mereka yang sedang berkembang sangat ingin memastikan bahwa mereka siap untuk masa depan dan dilindungi dari keadaan yang tidak pasti dan tidak terduga.
Di sebagian besar industri, dengan skema PHK dan cuti, kerja jarak jauh, transfer operasi secara online, dan banyak lagi, telah terjadi beberapa pergeseran multi-sektor. Tapi satu pergeseran yang kurang dibahas adalah langkah menuju penggunaan produk bekas.
Di bawah ini, kami melihat beberapa alasan utama mengapa kami melihat perubahan ini, mengapa Anda harus mempertimbangkannya untuk bisnis Anda sendiri, dan cara memaksimalkan produk bekas yang mungkin Anda gunakan saat ini.
Manfaat Menggunakan Produk Bekas
1. Menghemat Uang
Salah satu alasan utama untuk mempertimbangkan menggunakan produk bekas dalam bisnis Anda adalah untuk alasan sederhana bahwa menghemat uang dan dapat sangat hemat biaya. Ini adalah pertimbangan yang sangat penting jika bisnis Anda terpukul keras oleh pandemi virus corona, misalnya, jika Anda baru memulai, atau hanya ingin memotong biaya overhead Anda.
Menggunakan barang bekas dapat menghemat biaya pembelian barang saat masih baru – meskipun hanya beberapa bulan kedaluwarsa! Mereka mungkin juga merupakan produk atau rilis baru yang hanya merupakan hadiah yang dikembalikan atau tidak diinginkan. Dalam kedua keadaan, ada penghematan besar yang bisa didapat.
Namun, memilih tempat membeli barang bekas Anda merupakan pertimbangan yang sangat penting. Anda akan ingin lebih percaya diri dari sebelumnya bahwa Anda tidak membeli barang yang cacat atau inferior. Anda mungkin juga harus sangat berhati-hati terhadap barang dan merek palsu.
Ini dapat dihindari jika Anda menggunakan bisnis bekas yang tepercaya dan bereputasi baik – terutama yang memiliki kredensial dan pengetahuan khusus untuk industri Anda.
Misalnya, jika Anda adalah bisnis katering atau perhotelan, membeli peralatan katering bekas dari pemasok spesialis di lapangan dapat menghasilkan banyak manfaat , sedangkan jika Anda menjual elektronik, Anda perlu memastikan bahwa semua barang aman untuk digunakan, jadi Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk membeli stok hanya dari pengecer industri tepercaya.
Lakukan riset Anda, dan pastikan untuk mengajukan pertanyaan atau masalah, sehingga Anda dapat membeli dengan penuh keyakinan. Jika dilakukan dengan benar, berbelanja barang bekas yang penting untuk bisnis Anda bisa menjadi cara yang bagus untuk menjaga agar perusahaan tetap berfungsi secara optimal dengan biaya yang lebih murah.
2. Lebih Hijau
Membeli barang bekas tidak diragukan lagi lebih ramah lingkungan dan lebih baik daripada membeli barang baru secara eksklusif.
Ini karena ia memiliki pendekatan dua kali lipat yang lebih baik untuk planet ini. Pertama, ini mengurangi jumlah barang yang dibuang ke TPA dengan mendaur ulang, menggunakan kembali, atau hanya menggunakannya kembali. Ini juga mengurangi kebutuhan untuk memproduksi barang baru, yang dapat melibatkan proses yang mahal, menyebabkan polusi, atau menggunakan bahan bakar fosil.
Banyak bisnis sekarang sangat memperhatikan dampak lingkungan mereka – terutama jika itu adalah bagian penting dari merek mereka atau mereka ingin memastikan bahwa mereka memenuhi syarat untuk insentif ramah lingkungan atau pengurangan pajak.
Menggunakan barang daur ulang atau barang bekas bisa menjadi cara yang bagus untuk mengurangi jejak karbon bisnis Anda dan mengadopsi budaya dan pendekatan ‘lebih hijau’ secara keseluruhan.
Mendapatan Yang Terbaik Dari Barang Bekas
Banyak bisnis dan pengusaha senang membeli barang bekas dan ingin mengadopsi pendekatan yang lebih ramah lingkungan. Tetapi mereka tetap tidak ingin pembelian mereka berkinerja buruk, atau kurang efisien.
Untuk membantu memastikan kinerja yang optimal, ada beberapa cara yang telah dicoba dan diuji untuk mendapatkan hasil maksimal dari barang bekas Anda.
Yang pertama adalah memastikan bahwa Anda membeli dari pembeli yang memiliki reputasi baik . Ini dapat berarti bahwa mereka berpengetahuan dan dihormati sebagai pemimpin pasar di industri Anda, atau bahwa mereka menawarkan layanan pelanggan yang komprehensif dan mudah dihubungi jika terjadi masalah.
Hal berikutnya adalah selalu menjaga atau memanfaatkan setiap jaminan atau pertanggungan asuransi yang sesuai. Bahkan produk yang memiliki reputasi baik terkadang tidak berfungsi atau perlu diganti, jadi cobalah untuk memastikan bahwa Anda selalu memiliki opsi ini untuk membuat prosesnya lebih lancar.
Reguler perbaikan dan pemeliharaan juga cara yang bagus untuk membantu memastikan kinerja terbaik dari item kedua tangan Anda, apakah Anda telah membeli mobil, komputer, alat, atau apa pun.
Akhirnya, meningkatkan pengetahuan Anda tentang produk – baik baru atau bekas – dengan membaca manual atau mencari saran online , misalnya, adalah cara yang bagus untuk memastikan bahwa Anda menggunakannya dengan benar dan mendapatkan hasil maksimal dari investasi Anda!
(ab)
Baca Juga :  Siswa dan Siswi SMK Ar-Rifaiyah Juluk Sumenep Prakerin di WMS

Berita Terkait

CRM: The Future of Customer-Centric Businesses
15 Bisnis Online untuk Pelajar yang Bisa Menambah Penghasilan
Asuransi Kucing Domestik
DKPP Sumenep kembali Panen Pisang Jenis Cavendish Di pulau Gili Iyang
Siapa Nama-Nama Pahlawan yang Ada di Uang Kertas Baru 2022?
Uang Kertas Baru Resmi Diluncurkan, Berikut Syarat dan Tata Cara Menukarnya dengan Uang Lama
Yuk Rebut! Golkar Young Entrepreneur Siapkan Modal Usaha Total Rp 500 Juta Bagi Pengusaha Pemula di Madura
Sejarah PayPal Lengkap
Berita ini 0 kali dibaca

Berita Terkait

Senin, 4 Maret 2024 - 01:31 WIB

CRM: The Future of Customer-Centric Businesses

Jumat, 2 Juni 2023 - 00:44 WIB

15 Bisnis Online untuk Pelajar yang Bisa Menambah Penghasilan

Sabtu, 17 Desember 2022 - 22:17 WIB

Asuransi Kucing Domestik

Rabu, 19 Oktober 2022 - 17:22 WIB

DKPP Sumenep kembali Panen Pisang Jenis Cavendish Di pulau Gili Iyang

Kamis, 25 Agustus 2022 - 00:45 WIB

Siapa Nama-Nama Pahlawan yang Ada di Uang Kertas Baru 2022?

Jumat, 19 Agustus 2022 - 16:36 WIB

Uang Kertas Baru Resmi Diluncurkan, Berikut Syarat dan Tata Cara Menukarnya dengan Uang Lama

Rabu, 17 Agustus 2022 - 22:30 WIB

Yuk Rebut! Golkar Young Entrepreneur Siapkan Modal Usaha Total Rp 500 Juta Bagi Pengusaha Pemula di Madura

Minggu, 31 Juli 2022 - 01:11 WIB

Sejarah PayPal Lengkap

Berita Terbaru

Salah satu anggota SMSI Sumenep saat memberikan takjil kepada masyarakat (lensamadura.com/istimewa)

Berita

Menjelang Buka Puasa, SMSI Sumenep Berbagi Takjil

Rabu, 27 Mar 2024 - 18:43 WIB