oleh

Wakil Ketua DPRD Jatim Pak Is dan RR Dorong Petani Tembakau Beralih Ke Porang

Wakil Ketua DPRD Jatim Achmad Iskandar (kanan),  penasehat RR Sumenep Ahmad Jailani (kiri) bersama petani pekerja di lahan yang akan ditanami porang di Desa Tambaagung Barat, Kecamatan Ambunten Sumenep Sabtu 23 Januari 2021 siang. Foto/Yani ForLensaMadura.Com.

Sumenep,LensaMadura.Com-Wakil Ketua DPRD Jatim   Achmad Iskandar bersama  Rumah Rakyat (RR) Kabupaten Sumenep mendorong pemanfaatan lahan tak produktif dengan tanaman porang.
Untuk mendorong petani memanfaatkan lahan dengan tanaman porang tersebut.
Tak hanya himbauan, untuk membuktikan tanaman jenis ubi produktif, Wakil Ketua DPRD Jatim yang disapa Pak Is ini, melihat langsung lahan untuk porang di Desa Tambaagung Barat, Kecamatan Ambunten, Sumenep Sabtu 23 Januari 2021.
Bersama penasehat organisasi RR Sumenep Ahmad Jailani, Pak Is memantau langsung lahan kurang lebih 10 hektar itu.
Politisi senior Partai Demokrat Provinsi Jatim itu mengajak aktivis RR menyadarkan masyarakat. Agar lahan yang “nganggur” bisa produktif.
“Manfaatkan lahan yang selama ini dibiarkan tak tergarap oleh petani untuk tanaman yang prospek untuk ekonomi rakyat kecil ini,” tutur Pak Is di Sumenep setelah meninjau lahan yang kini mulai ditanam dengan mempekerjakan  warga sekitar itu.
Tim RR saat mendampingi petani yang mulai garap lahan untuk ditanamin porang di Desa Tambaagung Barat, Kecamatan Ambunten.

Sementara, penasehat RR Ahmad Jailani menambahkan, porang membutuhkan waktu enam bulan untuk satu musim, dan klo dirawat dengan benar maka dalam dua musim bisa di panen.
Porang, sambung dia, lebih prospek secara ekonomis. Pangsa pasar jelas dan kebutuhan terhadap porang kini banyak dari luar negeri.
Selain itu, penyerapan terhadap tenaga kerja dari warga lintas desa di Ambunten.
“Porang dalam perhitungan kami, jauh lebih prospek dari tembakau,” pungkas dia. (Yan)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed