Kadin: Uji kompetensi Teknis Dosen Lahirkan Link and Super Match Antara Dunia Pendidikan dan IDUKA

Jumat, 27 November 2020 - 10:15 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

(Dari kiri ke kanan) Nurul indah Susanti, Direktur Kadin Institute. AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, ketua DPD RI. Prof. Dr. H. Nurhasan, M.Kes, Rektor UNESA. Adik Dwi Putranto, ketua Umum Kadin Jawa Timur Saat pembukaan pelatihan dan uji kompetensi Dosen di gedung Kadin Institute
SURABAYA, Jumat (27/11/2020): Komitmen Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Timur untuk terus berkontribusi dalam peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia semakin dipertegas. Melalui Kadin Institute, Kadin Jatim berupaya menfasilitasi tenaga kerja mendapatkan sertifikasi profesi yang dibutuhkan, salah satunya dengan melaksanakan Uji Kompetensi Teknis Dosen.
“Uji kompetensi teknis dosen ini dilakukan guna membangun pemahaman yang sama antara dunia pendidikan dengan Industri dan Dunia Kerja atau IDUKA” ujar Wakil Ketua Umum Kadin Jatim Bidang SDM dan Ketenagakerjaan Kadin Jatim, Nurul Indah Susanti yang juga menjabat sebagai Direktur Kadin Institute di Surabaya, Jumat (27/11/2020).
Tidak hanya akan menciptakan link and match antara dunia pendidikan dan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) atau IDUKA, uji kompetensi teknis bagi dosen ini akan jauh lebih memberikan dampak positif terhadap peningkatan kualitas SDM karena akan melahirkan link and super match antara keduanya bagi tenaga kerja . 
Dosen sebagai seorang pengajar, diharapkan akan semakin memahami dan mengerti apa saja yang dibutuhkan industri yang selanjutnya menularkan pemahaman tersebut kepada mahasiswanya. Begitu juga industri, ikut terlibat dan berkontribusi dalam memberikan pemahaman  serta materi tentang kasus yang di industri disaat pelatihan.
Uji Kompetensi Teknis Dosen tersebut dilaksanakan selama lima hari. Empat hari pelatihan dan hari ke lima uji kompetensi. “Pelatihan di hari pertama membahas tentang penyesuaian kurikulum unit yang diajarkan, hari kedua – ketiga industri mengajar dan kunjungan ke industri dan hari ke empat tata cara pemagangan serta pra assessment. Selanjutnya di hari ke-lima uji kompetensi,” terangnya. 
Ia berharap, melalui uji kompetensi teknis dan di lanjutkan MoU dengan industri ini, hubungan kedua belah pihak dapat  lebih mendalam karena saling memiliki. “Bila telah  saling memiliki maka  output dari pendidikan akan sesuai dengan keinginan industri  dan hasil akan di terima langsung oleh insdustri.  Bila biasanya lulusan perguruan tinggi kurang mendapat tempat   maka dengan adanya hubungan saling memiliki antara dunia pendidikan dan industri , maka industri  akan langsung menempatkan  sesuai dengan kompetensi yang di miliki  oleh  peserta didik ,” tambah Nurul. 
 
Pada kesempatan berbeda, Wakil Ketua Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) Miftahul Aziz mengatakan bahwa sertifikasi kompetensi hari ini bukan lagi isu sektoral tetapi isu internasional dalam konteks ketenagakerjaan. Karena sertifikasi kompetensi adalah bukti kompetensi yang menjadi ukuran  banyak pihak. 
Meski pemahaman publik terhadap sertifikasi sudah sangat meningkat dan antusiasme masyarakat melalui asosiasi profesi atau industri untuk mendirikan lembaga sertifikasi semakin massif, namun ia tidak menampik jika jumlah tenaga kerja yang sudah tersertifikasi masih sangat kecil. Dari sekitar 137 juta angkatan kerja di Indonesia sesuai data Badan Pusat Statistik (BPS), yang sudah tersertifikasi menurut penuturan Miftahul tidak sampai 6 juta tenaga kerja. 
“Artinya masih sangat kecil, ambil contoh di sektor konstruksi, dari 8 juta tenaga kerja, yang tersertifikasi hanya 400 orang. Itulah kenapa saya harus dorong ini karena mustahil ada daya saing tanpa adanya sertifikat. Mustahil ada produktifitas kalau tidak ada kompetensi,” tegas Miftahul.
Dengan melihat kondisi tersebut,  memberikan apresiasi kepada Kadin Jatim yang mampu menggerakkan seluruh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) untuk membangun ekosistem  sertifikasi kompetensi kerja nasional. 
“Saya melihat apa yang dilakukan Kadin Jatim dengan mendirikan Kadin Institute ini sangat baik dan bisa menjadi role model. Pesan presiden adalah kita ambil jalur vokasi. Nah, kehadiran Kadin Institute ini bisa rangkul semua pihak, berkolaborasi dengan semua pihak, baik Perguruan Tinggi, perusahaan, industri untuk benar-benar ke arah bagaimana melahirkan tenaga kerja  yang berkompeten sehingga cita-cita presiden untuk melahirkan SDM yang unggul bisa terwujud,” ujarnya. 
Apa yang dilakukan Kadin melalui Kadin Institute benar-benar menjadi harapan pasti untuk mewujudkan bagaimana tenaga kerja  atau lulusan vokasi dan tenaga pendidik di perguruan tinggi  dan sekolah vokasi memiliki kesempatan lebih melalui Kadin Institute untuk meningkatkan kompetensinya dan diakui kompetensinya.(*)
Baca Juga :  DKPP Sumenep Sukses Jalankan Program Upland 2022, Berikut Faktanya

Berita Terkait

Gelar Halal Bihalal, Pj Bupati Pamekasan Masrukin Ingatkan ASN Tujuan Awal Abdi Negara
Disdukcapil Sumenep Terapkan Program SP4N-LAPOR
Ini Program Dinkes Sumenep untuk Mengatasi Persoalan Stunting
Disdukcapil Sumenep Luncurkan Aplikasi SPONTAN, Permudah Layanan Kependudukan
Dirjen Hubla Gratiskan Ratusan Santri asal Pulau Sapudi Naik Kapal ke Situbondo
Rusak Parah sejak Lama, Jalan Utama Desa Montorna Pasongsongan Dikeluhkan Warga
Arus Balik Gratis, Kepala UPP Kelas III Sapeken Mochamad Djumari: Ada Sejuta Cerita Lebaran di Kepulauan
KSOP Utama Tanjung Perak dan UPP Kelas III Sapudi Gratiskan Seribu Lebih Penumpang Arus Balik Santri dan Masyarakat Umum
Berita ini 2 kali dibaca

Berita Terkait

Senin, 22 April 2024 - 21:00 WIB

Gelar Halal Bihalal, Pj Bupati Pamekasan Masrukin Ingatkan ASN Tujuan Awal Abdi Negara

Senin, 22 April 2024 - 07:00 WIB

Disdukcapil Sumenep Terapkan Program SP4N-LAPOR

Minggu, 21 April 2024 - 21:00 WIB

Ini Program Dinkes Sumenep untuk Mengatasi Persoalan Stunting

Minggu, 21 April 2024 - 15:00 WIB

Disdukcapil Sumenep Luncurkan Aplikasi SPONTAN, Permudah Layanan Kependudukan

Sabtu, 20 April 2024 - 13:00 WIB

Rusak Parah sejak Lama, Jalan Utama Desa Montorna Pasongsongan Dikeluhkan Warga

Sabtu, 20 April 2024 - 08:00 WIB

Arus Balik Gratis, Kepala UPP Kelas III Sapeken Mochamad Djumari: Ada Sejuta Cerita Lebaran di Kepulauan

Jumat, 19 April 2024 - 21:48 WIB

KSOP Utama Tanjung Perak dan UPP Kelas III Sapudi Gratiskan Seribu Lebih Penumpang Arus Balik Santri dan Masyarakat Umum

Kamis, 18 April 2024 - 21:00 WIB

PT Garam Gelar Halal Bihalal, Arief Haendra: Tetap Jaga Semangat Kerja

Berita Terbaru

Layanan SP4N-LAPOR (lensamadura.com/istimewa)

Berita

Disdukcapil Sumenep Terapkan Program SP4N-LAPOR

Senin, 22 Apr 2024 - 07:00 WIB